Jangan Lakukan 5 Hal ini Ketika Sahabat Mengalami Musibah Kematian

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 7 Januari 2015

Jangan Lakukan 5 Hal ini Ketika Sahabat Mengalami Musibah Kematian

Setelah tahu 6 hal yang bisa kita lakukan ketika sahabat mengalami musibah kematian, terapis dan penulis buku Everything is Not Okay: an audio program for grief, Megan Devine, juga memberi tahu kita untuk jangan lakukan 5 hal ini ketika sahabat mengalami musibah kematian.

 

(Baca juga: Tips Menghadapi Kematian Sahabat)

 

Jangan membandingkan sama diri sendiri

Walaupun kalau kita pernah kehilangan seseorang juga, jangan pernah membandingkan kesedihan sahabat sama diri sendiri. Atau menyuruh sahabat melakukan apa yang kita lakukan untuk mengurangi kesedihan. Tanya bagaimana keadaan mereka dan hargai waktu yang diluangkan sahabat untuk berduka.

 

Jangan sok tahu

Kadang untuk menghibur sahabat, kita suka memberikan kata-kata manis. Tapi kalau anggota keluarga atau orang yang mereka sayang meninggal, kita mendingan enggak sok tahu. Dengan bilang, "seminggu lagi kamu bakal enggak sedih lagi atau "setahun lagi juga kamu bakal lupa." Kita enggak tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

 

(Baca juga: Kasus Bunuh Diri Pada Remaja)

 

Jangan berusaha memperbaiki keadaan

Kita enggak bisa memperbaiki keadaan. Kita juga juga enggak bisa menghilangkan perasaan sedih sahabat. Jangan berusaha memperbaiki keadaan dengan tiba-tiba ceria berlebihan atau memaksa sahabat melakukan sesuatu yang enggak ingin dilakukannya.

 

Jangan jadikan semua tentang kita

Saking sedihnya, sahabat bisa jadi menolak kita, mengatakan hal yang mengesalkan atau bahkan melukai perasaan kita. Jangan dimasukkan ke hati. Untuk beberapa waktu, jangan jadikan semua tentang kita.

 

Jangan banyak tanya

Walaupun kita khawatir dan bingung kita bisa bantu apa, jangan banyak tanya. Kalau kita mau membantu, ya bantu. Perhatikan keadaan dan lingkungan sahabat, pasti ada sesuatu yang bisa kita lakukan. Kalau bisa, lakukan bahkan sebelum ia memintanya. Ini namanya sahabat sejati. (Sumber: HuffingtonPost).

 

(Baca juga: Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Orangtua Meninggal Dunia)

 

(astri, foto: giphy.com, tumblr.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN