Internet Troll: Monster dari Dunia Maya

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 20 Desember 2013

Internet Troll: Monster dari Dunia Maya

Hati-hati kalau baca berita di dunia maya, girls. Bisa jadi itu berita bohong yang disebarkan oleh internet troll.

 

Apa sih, internet troll?

Orang iseng dan suka mem-bully makin banyak aja, nih, di dunia maya! Salah satu yang menyebalkan adalah internet troll. Istilah troll sendiri diambil dari nama makhluk jelek dan jahat yang sering muncul di dongeng anak-anak.Ya, seperti itulah karakter internet troll. Mereka 'makhluk' jahat di dunia maya yang memulai suatu gosip, rumor atau berita buruk di internet. Mereka selalu menggunakan nama palsu dan masuk ke komunitas online seperti forum, chat room atau blog. Sering juga mereka masuk lewat Facebook dan Twitter dengan menggunakan akun palsu atau yang tidak jelas identitasnya.

 

Pada tingkat yang ringan, internet troll bisa juga temannya teman yang bertujuan untuk membuat gosip atau berita untuk bahan bercandaan di online dalam lingkungan yang terbatas. Namun, karena sifatnya internet yang begitu mudah menyebar luas, maka dari tingkat bercandaan yang ringan bisa berkembang luas. Akibatnya punya melenceng jauh dari niat semula.

 

Untuk tingkat yang lebih berat, internet troll memang sengaja menyasar seseorang, bisa dikenal atau enggak. Orang ini membuat gosip jahat yang kemudian disebar di internet. Biasanya sasaran adalah publik figur. Karena sasarannya publik figur, maka bisa dipastikan gosip yang disebarkan akan lebih cepat meluas dan enggak jarang berita gosip itu jadi dianggap benar.

 

Seleb korban troll

Beberapa seleb yang pernah menjadi korban internet troll antara lain, Jessie J, Justin Bieber, Caroline Flack dan atlet Olimpiade asal Inggris Tom Daley. Kasus Justin Bieber termasuk yang sempat ramai di dunia maya, terutama buat Beliebers. Lewat Twitter, internet troll menyebarkan berita adanya Belieber yang sengaja menyilet tangannya dengan hashtag #cut4justin. Dengan hashtag ini berita bohong ini cepat menyebar, bahkan situs-situs berita resmi pun menulisnya. Setelah diteliti, berita ini ternyata bohong dan hanya buatan internet troll.

 

Masih soal Justin, nih. Internet troll menyebarkan berita Justin Bieber terkena kanker dan meminta fansnya untuk membotakkan rambut sebagai solidaritas. Hashtag yang digunakan adalah #Baldforbieber. Tanpa pikir panjang beberapa Believer langsung mencukur rambutnya hingga habis lalu mem-posting foto mereka di Twitter. Jadi pelajaran nih, girl, kalau dengar berita dari Twitter, Facebook atau Internet sebaiknya kita cek ulang ke beberapa sumber. Bisa jadi berita itu bohong atau hoax  yang dibuat oleh internet troll.

 

Selain Justin Bieber, Tom Daley juga korban internet troll yang jahat banget. Setelah penyelam ini enggak meraih emas di Olimpiade, muncul berita di internet kalau ayahnya Tom kecewa. Berita yang disebarkan internet troll ini jelas bohong, karena ayah Tom sudah meninggal tahun 2011. Duh!

 

(muti, foto: laughingsquid.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN