Inilah Waktu yang Tepat Menimbang Berat Badan Agar Hasilnya Akurat

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Jumat, 29 April 2016

Biasanya, kapan kamu menimbang badan? (foto: tumblr.com).

Biasanya, kapan kamu menimbang badan? Tahu enggak sih, kalau menimbang berat badan itu ada waktunya? Maksudnya, supaya hasil yang kita dapatkan akurat. Jadi, kita tahu pasti apakah berapa banyak berat badan kita naik atau turun. Dan, inilah waktu yang tepat untuk menimbang berat badan agar hasilnya akurat.

 

(Baca juga: 3 Tips Punya Berat Badan Ideal Dengan Cara Sehat & Alami Dari Gigi Hadid)

 

Yang pertama, pastikan timbangan kita berfungsi dengan maksimal. Sebenarnya, harga timbangan berat badan enggak langsung menentukan kinerjanya. Pastikan saja jarumnya selalu kembali ke angka nol ketika sedang enggak digunakan.

 

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi pergerakan jarum atau angka pada timbangan. Berat badan kita terdiri dari tulang, otot, lemak, dan juga air sehingga timbangan akan mengukur seluruh komponen tersebut dan kemudian memberikan jumlah angka tertentu. Angka tersebut setiap harinya bisa berubah.

 

Jangan setelah makan

Salah satu faktor yang menyebabkan perubahan angka pada timbangan yaitu asupan minuman dan makanan, bahkan hanya meminum satu gelas air saja dapat menambah berat badan kita sekitar 250 – 500 gram. Jika kita menimbang berat badan setelah satu jam setelah makan, kemungkinan besar akan naik hingga 1 kilogram. Makan pada malam hari pun bisa meningkatkan berat badan.

 

(Baca juga: 4 Aktivitas Yang Ternyata Bisa Bikin Berat Badan Naik)

 

Paling tepat di pagi hari

Selain karena asupan makanan dan minuman, waktu penimbangan juga sangat berpengaruh. Misanya pagi hari sesudah kita bangun tidur namun perut masih dalam kondisi kosong, maka kita akan mendapatkan berat paling ringan dari tubuh kita. Sedangkan, menimbang badan menjelang sore bisa meningkat sekitar 1 kilogram.

 

Jika menimbang setelah olahraga

Bukan cuma itu, aktivitas kita pun ternyata bisa terpengaruh terhadap pergerakan jarum atau angka timbangan. Kalau kita suka melakukan olahraga untuk mengurangi berat badan, kalau kita menimbang berat badan sesudah melakukan olahraga, maka berat badan kita akan berkurang hingga 1 kilogram. Akan tetapi, bagi yang berolahraga hingga membentuk otot tidak akan mengurangi berat badan, melainkan akan menambah berat badan. Soalnya, otot yang ada di dalam tubuh sangat padat sehingga memberikan bobot lebih pada timbangan.

 

Pengaruh pakaian

Satu hal lagi yang bisa mempengaruhi pergerakan angka timbangan ialah pakaian. Akan tetapi efeknya tidaklah terlalu banyak ketimbang faktor lainnya. ketika ingin menimbang berat badan, yang paling baik ialah menimbang tanpa busana atau jika ingin menggunakan pakaian maka gunakanlah pakaian yang sangat ringan.

 

(Baca juga: Alasan Kenapa Mengurangi Makan Bukan Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan & 4 Solusinya)

Tags : berat badan

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN