Ini Cara Ampuh Untuk Mencegah Kaki Lecet Berdasarkan Hasil Penelitian

Published by : Aisha Ria Ginanti Posted on : Selasa, 26 April 2016

sumber: amazon.com

Kalau kelamaan pakai sepatu sambil harus jalan atau pakai sepatu yang kurang pas, kaki lecet memang sulit buat dihindari. Tapi tenang, ini dia cara ampuh untuk mencegah kaki lecet berdasarkan hasil penelitian.

 

Mungkin bagi sebagian orang, menempelkan plester pada daerah kaki yang rawan lecet tampak seperti cara kuno. Namun, penelitian baru dari Stanford University School of Medicine menyatakan, menggunakan plester ampuh mencegah kaki dari lecet yang menyakitkan.

 

Para peneliti menemukan, para pelari yang menutupi beberapa bagian kaki yang sensitif lecet dengan plester bisa mengurangi kemungkinan kaki lecet hingga 40 persen. Bahkan, hanya 23 persen dari pelari yang mengalami lecet di bagian kaki, karena menggunakan plester. Ketimbang tak menggunakan plester, tercatat ada 63 persen pelari yang mengalami lecet kaki akibat pemakaian sepatu.

 

“Lecet pada kaki terjadi ketika sel-sel kulit menjadi rusak dan terpisah akibat gesekan dari sepatu. Dan plester bisa mengurangi terjadinya gesekan tersebut sehingga kemungkinan terjadinya iritasi kulit menjadi lebih kecil”, kata penulis studi Hibah Lipman, gelar M.D.

 

Untuk melihat efektivitas penggunaan plester, penelitian ini melibatkan para pelari maraton pria yang rentan mengalami lecet, entah itu karena latihan yang sering atau memakai sepatu baru.

 

"Saya memutuskan untuk menggunakan beberapa plester di pergelangan sejak minggu lalu, sebab sepatu yang saya pakai selalu membuat kaki saya lecet bahkan melepuh di tempat yang sama setiap waktu," kata Dr Lipman.

 

Rekomendasi pemakaian

Dr Lipman merekomendasikan, untuk mencegah lecet pada kaki akibat pemakaian sepatu, gunakan plester sebelum ketika berjalan, berlari, atau mendaki. Lakukan juga ketika Anda menggunakan alas kaki baru dan berhenti setelah alas kaki menjadi lebih lentur dan nyaman.

 

“Lembabkan pula kaki Anda dengan lotion setiap malam untuk menjaga kulit lembut dan mencegah kapalan. Menjaga kuku kaki tetap pendek juga dapat membantu menghentikan lecet di bagian jari,” papar Dr. Lipman. (Ayunda Paninta/kompas.com)

 

Sumber: Prevention.com

author :

Aisha Ria Ginanti

Reporter di KaWanku sejak tahun 2012.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN