I'm A Fairplay Girl

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 7 Februari 2013

I'm A Fairplay Girl

 Berani bilang jujur saat kita salah, enggak ngerti atau butuh bantuan juga berani mengakui kelebihan orang lain itu penting banget kita miliki. Memang enggak gampang sih, tapi bukan berarti enggak bisa. Yuk kita coba!

 

 "Maaf... aku yang salah."

Bikin kesalahan terus ngeles atau kabur itu enggak banget. Justru dengan berani mengakui kesalahan, orang-orang akan lebih mudah memaafkan kita dan menganggap kita sebagai orang yang positif dan berani. Memang butuh banyak keberanian, tapi ingat, semua orang pasti pernah bikin kesalahan. Yang penting kita menyadarinya dan mau memperbaiki. Nanti juga orang-orang akan lupa kok.

 

"Curang?? Ogah ah!"

Curang demi mendapatkan yang diinginkan enggak akan bikin bahagia. Karena suatu hari pasti akan terbongkar. Kalau sudah begitu, image kita akan rusak dan susah banget memperbaikinya. Orang-orang jadi menilai kalau sebenarnya kita pembohong dan enggak mampu. And it really sucks, girls.

 

"Pity me pelase...."

Karena sudah terdesak jadi pura-pura enggak beradaya demi mendapa belas kasihan orang lain, padahal sebenarnya kita yang lalai atau malas. Tindakan manipulatif kaya gini mesti dibuang jauh-jauh. Gengsi dong kalau terus-terusan minta belas kasihan orang. Bagaimanapun, hasil usaha sendiri adalah yang terbaik.

 

"Maaf, nanya dong."

Kalau memang enggak tahu, ya lebih baik bertanya. Daripada kebingungan terus salah dan rugi sendiri. Toh enggak mungkin kan kita tahu segalanya. Dengan bertanya justru kita jadi dapat feedback positi atau pengetahuan baru. Jadi jangan malu bertanya ya.

 

"Selamat ya, kamu menang."

Kalah memang enggak menyenangkan apalagi kalau sudah usaha maksimal. Tapi dalam hidup pastinya enggak bisa selalu menang. Mau enggak mau harus merasakan kekalahan juga. Enggak apa-apa kalah, yang penting sudah berusaha dan yang penting jujur. Jadi jangan malu, justru kalau menang tapi curang yang harusnya malu.

 

"Ya, dia memang lebih oke, kok."

Setiap orang punya kelebihan dan kekurang masing-masing. Anehnya kita lebih gampang melihat kekurangan orang daripada kelebihannya. Apalagi mengkritiknya. Juara satu deh. Tapi coba belajar mengakui kelebihan lawan. Jadi kita bisa belajar sisi oke dari dia yang kita enggak punya. 'Mencuri' resep hebat orang buat menambah potensi diri, boleh dong.

 

(Aisha, foto: wordpress.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN