Hostel, Pilihan Mudah dan Murah

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 16 Juni 2013

Hostel, Pilihan Mudah dan Murah

Sudah punya ide liburan mau ke mana? Daripada nanti kita bangkrut gara-gara membayar sewa hotel, mending coba hostel, girls. Beda sama hotel, menginap di hostel lebih murah dan punya banyak keuntungan yang bisa diambil. Kita jadi bisa hemat uang buat dibelanjain oleh-oleh. He-he-he.

 

Apa itu Hostel?

Bagi para backpacker, hostel adalah pilihan tepat buat menginap tanpa menghabiskan banyak biaya. Berbeda sama hotel, tempat menginap yang satu ini lebih sederhana dana fasilitasnya enggak selengkap hotel. Bentuk hostel sendiri beragam, mulai dari bangunan kecil, sampai gedung besar yang memuat lebih banyak kamar sekaligus fasilitas lain yang mengikutinya.

 

Fasilitas

Beda sama hotel, hostel menyediakan kamar yang didesain seperti dorm. Satu kamar bisa berisi beberapa tempat tidur bertingkat. Kadang kita harus berbagi kamar sama backpacker lain yang enggak satu rombongan. Selain itu, dalam satu dorm kita memakai kamar mandi dan toilet yang dipakai bersama.

 

Bicara soal kamar mandi, enggak setiap hostel menyediakan fasilitas handuk. Buat berjaga-jaga lebih baik kita membawa handuk sendiri dari rumah. Selain fasilitas handuk yang enggak tersedia, beberapa hostel memberlakukan biaya tambahan buat sarapan. Tapi, ada juga yang menyediakan sarapan gratis dan pantry buat memasak.

 

Lokasi

Pilih hostel yang letaknya strategis dan dekat sama tujuan wisata kita. Kalau memang tempat wisata yang pengin kita datangi lebih dari satu, pilih hostel yang posisinya di tengah-tengah tujuan kita. Biar enggak menyulitkan kita, pastikan hostel dekat sama sarana transporasi umum terdekat. Pilih juga hostel yang dekat sama minimarket atau warung dan layanan kesehatan seperti rumah sakit serta klinik.

 

Biaya

Harga kamar hostel jenis dorm biasanya dihitung per-orang, bukan per-kamar seperti di  hotel. Jadi, kita enggak perlu patungan buat membayar dorm. Harga ini relatif lebih murah dari tarif yang dipasang sama hotel, lho. Selain harga kamar, kita perlu memerhatikan harga fasilitas tambahan yang ditawarkan sama hostel. Biasanya mereka memasang tarif buat handuk, penyewaan loker penyimpanan barang berharga, sarapan dan kasur tambahan.

 

Keamanan

Liburan tapi menginap di hostel yang enggak aman? Ugh, jangan sampai deh! Cari tahu keamanan di daerah sekitar hostel tempat kita menginap sebelum memesan. Kita bisa mencarinya lewat situs-situs perjalanan atau rekomendasi dari teman yang pernah berkunjung sebelumnya. Pastikan hostel enggak bertempat di daerah yang rawan kriminalitas.

 

Rekomendasi bagus

Selain memperhitungkan berbagai fasilitas, kita juga perlu mengetahui pendapat orang tentang hostel ini. Kita bisa melihatnya lewat ratting dan komentar yang ada pada situs penyedia informasi hostel. Pilih hostel yang punya ratting paling tinggi dan direkomendasikan sama orang yang berkomentar di situs itu.

 

(lana, foto: trekdek.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN