Hilangkan Rasa Pegal Pada Kaki Dengan Dark Chocolate

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 7 Agustus 2014

Hilangkan Rasa Pegal Pada Kaki Dengan Dark Chocolate

Berjalan kaki dalam waktu lama pasti akan membuat kaki terasa pegal. Ditambah lagi jika sistem sirkulasi darah di kaki sudah mulai terganggu, maka berjalan sedikit pun akan berdampak sekali pada timbulnya rasa pegal. Nah, hilangkan rasa pegal pada kaki dengan dark chocolate, deh.

 

(Baca juga: Bongkar Mitos Cokelat)

 

Dark Chocolate Membuat Arteri Melebar

Dalam studi skala kecil asal Italia, peneliti menemukan, antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate dapat membantu orang yang menderita penurunan aliran darah pada kaki. Studi itu menemukan, orang dengan gangguan arteri di kakinya bisa berjalan sedikit lebih lama setelah makan dark chocolate.

 

Dark chocolate kaya akan senyawa antioksidan yang disebut polifenol. Peneliti percaya, polifenol dapat meningkatkan aliran darah pada kaki dengan mmempengaruhi biokimia yang membuat arteri melebar.

 

"Tubuh menyekresikan senyawa kimia yang secara natual akan membuka pembuluh darah sebagai respon dari rangsangan tertentu. Beberapa senyawa dalam cokelat hitam dapat memberikan rangsangan itu," ujar Richard Chazal, wakil presiden American College of Cardiology.

 

(Baca juga: 5 Resep Cokelat Lucu)

 

Kita Mampu Berjalan Lebih Lama

Studi yang dipublikasi dalam Journal of the American Heart Association tersebut melibatkan 20 orang yang berusia 60-78 tahun yang didiagnosa dengan penyakit arteri perifer. Penyakit tersebut membuat arteri mereka menyempit sehingga lebih sulit untuk membawa darah dari kaki, perut, tangan, dan kepala untuk kembali ke jantung.

 

Pengurangan aliran darah tersebut dapat menyebabkan nyeri, kram, dan pegal pada kaki dan pinggul saat berjalan.Dalam studi tersebut, peserta diminta untuk berjalan di treadmill sebanyak dua kali. Pertama sebelum makan cokelat, dan kedua setelah makan cokelat.

 

Hasilnya, setelah makan cokelat, peserta rata-rata berjalan 11 persen lebih jauh dan 15 persen lebih lama daripada sebelumnya. Cokelat yang memberi dampak adalah dark chocolate dengan kadar kakao 85 persen yang kaya polifenol. Sementara dampak ini tidak terlalu dirasakan jika yang dimakan adalah milk chocolate dengan kadar kakao 30 persen.

 

(Baca juga: Makan Cokelat Biar Langsing, Yuk)

 

(lusia/kompas.com, foto: perezhilton.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN