Hidup Lebih Baik Dengan Yoga

Published by : Marti Posted on : Jumat, 6 September 2013

Hidup Lebih Baik Dengan Yoga

Yoga enggak selamanya hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Lebih jauh lagi, yoga punya banyak pengaruh dalam membentuk diri kita jadi lebih baik, entah secara fisik atau emosional.

 

Menjaga keseimbangan

Ada gerakan yoga yang membantu kita menjaga keseimbangan saat berdiri dengan satu kaki. Dengan terbiasa berlatih yoga, keseimbangan kita akan semakin terlatih dan mempermudah kita dalam keadaan darurat, seperti hampir terjatuh karena didorong atau berdesak-desakan. Ternyata, keseimbangan ini enggak hanya untuk fisik saja, tapi juga mempengaruhi keseimbangan emosional dan gaya hidup kita.

 

Melatih kesabaran

Yoga memiliki banyak gerakan, mulai dari gerakan sederhana sampai ke yang paling rumit. Kita enggak bisa langsung bisa mengaplikasikan posisi Bird of Paradise yang rumit atau menyentuh tumit di latihan pertama. Ini membuat kita lebih bersabar sampai akhirnya bisa melakukan semua gerakan. Dan tanpa kita sadari, dalam kehidupan sehari-hari kita juga semakin sabar dan enggak cepat tersulut emosi.

 

Lebih kuat

Rutin latihan yoga membuat tubuh jadi jauh lebih kuat. Sebelum berlatih yoga, kita mungkin enggak pernah terpikir melakukan headstand atau berdiri di atas satu kaki. Kekuatan tubuh yang kita dapatkan ini akan menjadi kekuatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Kita jadi enggak mudah mengeluh dan enggak gampang menyerah setiap kali menemukan kesulitan. Selain itu, yoga juga membantu kita untuk lebih fokus dan mudah berkonsentrasi.

 

Lebih fleksibel

Gerakan yoga memang membuat tubuh jadi lebih fleksibel. Tubuh jadi terbiasa berputar atau menekuk sesuai keinginan kita. Ketika sedang melakukan suatu gerakan dan ada teman yang terlambat masuk kelas yoga, kita hanya bisa menoleransinya dan enggak bisa marah. Hal ini lama-lama menjalar ke kehidupan di luar yoga, seperti  enggak langsung emosi jika ada teman yang datang terlambat waktu janjian.

 

Penasaran untuk mencoba yoga? Kita bisa memulainya dari gerakan yoga sederhana yang bisa kita lakukan di pagi hari sebelum berangkat ke sekolah. Keep trying, girls.

 

(iif. foto: fit.webmd.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN