Hentikan Kebiasaan Buruk, Sekarang!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 14 Maret 2013

Hentikan Kebiasaan Buruk, Sekarang!

Biasanya saat kita merasa cemas, gugup atau stres, tanpa sadar kebiasaan-kebiasaan buruk kita sering muncul. Seperti gigit-git bibir atau kuku, goyang-goyang kaki, merobek-robek tisu, garuk-garuk kepala, gosok-gosok hidung, sampai mengetuk-ngetuk meja dengan jari atau alat tulis.

 

Hal-hal kaya gini disebut sebagai kebiasaan buruk karena dilakukan berulang-ulang dan sama sekali enggak bermanfaat buat kita. Malah cenderung membahayakan kesehatan dan terkadang mengganggu orang disekitar kita.

 

 

Kenapa sih?

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang muncul saat kita gugup atau sedang mengahadapi masalah ini disebut anxiety. Ini sebenarnya wajar muncul, tapi kalau sudah berlebihan alias enggak logis dan sampai menggangu kehidupan sehari-hari itu artinya kita mengalai anxiety disorder. Misalnya kita enggak bisa mengerjakan soal ujian kalau enggak sambil gigit kuku atau gigit bibir. Bahkan terkadang saking stresnya, bibir kita jadi luka karena digigiti terus.

 

Sebelum kebiasaan buruk ini jadi penyakit  alias kadarnya berlebihan, lebih baik kita hentikan dari sekarang. Caranya enggak ribet kok.


Perhatikan, tulis, atasi

Setiap kali kita akan melakukan kebiasaan buruk kaya gigit-gigit kuku, coba hentikan dan pikirkan sebenarnya apa yang membuat kita merasa cemas, hingga pengin gigit kuku. Tulis penyebabnya di sebuah buku, dan lakukan selama sepuluh hari. Dari situ kita jadi tahu apa penyebab kecemasan kita, dan tahu cara mengatasinya.


Talk to friend

Coba bicarakan kecemasan kita pada teman atau mungkin keluarga. Setidaknya mereka bisa membantu dengan memberikan dukungan dan semangat sehingga kita enggak memikirkan hal-hal yang enggak masuk akal dan cemas berkepanjangan.


Manajemen Stres

Coba pelajari cara mengatasi stres, misalnya menulis diary, atau mencari buku-buku tentang manajemen stres yang bisa langsung kita praktikan.

 

Meditasi

Ini jadi cara ampuh untuk menenangakan diri. Bila dilakukan dengan benar bisa berfungsi sebagai terapi. Untuk langkah awal, bisa coba yoga.

 

Olahraga

Olahraga enggak cuma bisa bikin badan sehat, tapi juga lebih rileks dan pikiran jadi tenang. Salah satunya latihan aerobik yang dipercaya bisa bikin pikiran kita tenang.

 

Say no to caffeine

Caffeine terbukti dapat mneingkatkan rasa cemas, jadi kalau bisa kurangi konsumsi kopi atau teh ya.

 

(ruth/aisha, foto: wisegeek.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN