Hati-Hati Sikap Negatif Fangirling Atau Fans Fanatik Seleb Idola

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 16 Agustus 2014

Hati-Hati Sikap Negatif Fangirling Atau Fans Fanatik Seleb Idola

Suka banget sama seleb tertentu? Hati-hati sikap negatif menjadi fangirling atau fans fanatic seleb idola. Sikap menyukai wajar saja, selama kita menyukai mereka sebatas idola tanpa melakukan pengorbanan apapun yang bisa merugikan kita nanti. Banyak remaja seperti kita yang terjebak dengan perilaku fanatik atau memuja selebriti idola. Hanya saja, sikap ini terkadang terlalu berlebihan dan bikin kita seperti kecanduan mengidolakan seleb favorit. Kenapa ya kita harus Hati-hati sikap negatif menjadi fangirling atau fans fanatik seleb idola.?

 

Baca juga: Celebrity Worship Syndrome Apa Sih?


Apa Sih Fangirling

Fangirling dikenal juga sasaeng stalker di Korea. Intinya, fans fanatik ini rela melakukan apapun buat idola kita. Fangirling atau sasaeng stalker enggak sebatas teriakan saat kita melihat poster atau melihat seleb idola kita muncul atau melamar idola supaya menikah dengan kita di dunia maya. Perilaku fanatik ini lebih dari ini dan sangat dalam. Saat seseorang menyukai dan termasuk dalam dunia fangirling, mereka akan menempatkan diri mereka atau sengaja mengisolasi diri mereka selain seseorang yang mereka idolakan. Mereka sengaja hanya berteman dengan grup orang yang punya minat sama atau menyukai hal yang sama dan menciptakan pikiran kalau hal ini normal dan keren.

 

Baca juga: Tips Menghadapi Sikap Fangirling Atau Fanatik Seleb Idola Pada Diri Kita

 

Merasa Terkoneksi Dengan Idola

Saat menyukai seseorang atau suatu hal, kita akan merasa terkoneksi dengan idola kita. Kita merasa hanya diri kita saja yang mengerti idola ini. Awalnya kita hanya menyukai, tapi berubah jaid terobsesi. Kita juga sering delusional dan berkhayal kalau kita ada di dunia mereka. Kita berubah menjadi konsumtif dan melakukan apapun dmei membeli apapun yang berhubungan dengan idola. Yang lebih buruk, sulitnya diri kita mengontrol perilaku, ucapan, pemikiran soal idola dan menyeimbangkannya dengan dunia nyata.

 

Kehilangan Banyak Hal

Saat perilaku kita menjurus menjadi worship atau memuja, kita enggak sengaja kehilangan banyak hal. Kehilangan momen penting dalam hidup kita jelas merugikan diri kita dan masa depan. Kita enggak peduli dengan sekitar dan hanya peka terhadap dunia idola. Kita lupa dengan sahabat, keluarga, sekolah dan merasa semua hal yang enggak berhubungan enggak sekeren apa yang kita lakukan.

 

Baca juga: Fakta Unik Dibalik Sasaeng Stalker


Memicu Depresi Dan Bunuh Diri

Hal yang ditakutkan dari sikap ini yaitu memicu depresi dan kasus bunuh diri. Banyak kasus bunuh diri yang terkoneksi dari fangirling. Contohnya di Korea atau Jepang, saat idola mereka meninggal dunia, mendorong kasus bunuh diri penggemar yang merasa kecewa atau melakukan ini karena enggak punya pegangan hidup yang berarti. Hal ini juga pemicu depresi atau gangguan mental lain. Misalnya stalker yang berujung sikap berbahaya. Atau enggak semangat atau depresi saat kita enggak bisa menonton konser seleb kita.

 

 

(stefanie, foto: weheartit.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN