Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi (Bagian 2)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 26 Januari 2015

Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi (Bagian 2)

Sebulan sekali kita mengalami menstruasi. Tapi, udah tahu belum? Ada beberapa hasil penelitian unik soal pengaruh menstruasi buat cewek, nih!

 

(Baca juga: Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi Bagian 1)

 

Menstruasi memengaruhi suara cewek

Temuan unik dilansir oleh sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Etologi bahwa saat menstruasi, suara cewek mengalami perubahan. "Produksi dan nada suara terkait erat dengan biologis seseorang.

 

Sel-sel dari laring dan vagina ini sangat mirip dan keduanya menunjukkan kesamaan reseptor (penerima) hormon," kata Nathan Pipitone, salah satu peneliti dari Adams State College dan Gordon Gallup Suny-Albany.

 

(Baca juga: Fakta Unik Seputar Menstruasi)

 

Tinggi rendah pendidikan memengaruhi menstruasi

Pada abad ke-20 lalu, banyak orang yang percaya kalau semakin tinggi gelar pendidikan seorang cewek akan menyebabkan kerusakan permanen pada organ reproduksinya. Dr Edward H Clarke dari Harvard Medical School yang menulis buku Sex in Education mengatakan, "Pendidikan tinggi akan menyebabkan rahim cewek jadi atrofi (menyusut)."

 

Dengan kata lain, seorang cewek yang lebih banyak belajar dan berpikir membuat darah dalam tubuhnya dialihkan dari rahim menuju otak. Tujuannya untuk merangsang otak agar tetap aktif menerima pelajaran. Oh, ya?

 

(Baca juga: Waspada Toxic Shock Syndrome Akibat Malas Ganti Pembalut Saat Menstruasi)

 

Film tentang menstruasi

Pada tahun 1946, Walt Disney sempat merilis film edukatif berdurasi 10 menit yang mengisahkan soal siklus menstruasi. Film ini berjudul The Story of Menstruation. Uniknya, ternyata film ini dipercaya sebagai asal mula penggunaan istilah vagina.

 

Cewek menggunakan banyak tampon selama hidupnya

Diperkirakan, seorang cewek akan menggunakan lebih dari 11.000 tampon (sejenis pembalut) seumur hidupnya. (Sumber: yourtango)

 

(Baca juga: Mitos Tentang Menstruasi yang Enggak Benar)

 

(christina/female.kompas.com, foto: tumblr.com, picslist.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN