Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi (Bagian 1)

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 26 Januari 2015

Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi (Bagian 1)

Sebulan sekali kita mengalami menstruasi. Tapi, udah tahu belum? Ada beberapa hasil penelitian unik soal pengaruh menstruasi buat cewek, nih!

 

(Baca juga: Hasil Penelitian Unik Soal Pengaruh Menstruasi Bagian 2)

 

Aroma tubuh cewek jadi lebih manis

Penelitian menunjukkan bahwa kadar testosteron cowok dipengaruhi oleh aroma cewek, terutama ketika cewek sedang berovulasi (masa subur). Ilmuwan Saul Miller dan Jon Maner dari Florida State University meminta relawan cowok untuk menghirup kaus yang digunakan oleh cewek yang sedang berovulasi (seminggu sebelum menstruasi). Hasilnya, relawan cowok bilang, kaus tersebut memiliki aroma yang lebih manis.

 

(Baca juga: Tips Supaya Area Miss V Enggak Berbau Dan Mudah Tembus Saat Menstruasi)

 

Menstruasi bikin cewek bodoh sementara

Sebuah penelitian para psikolog di University of Bath bilang, bahwa kram perut, mood swing, dan sebagainya membuat beberapa orang cewek jadi bodoh selama menstruasi. Penelitian membagi 52 responden menjadi dua kelompok cewek. Responden cewek sedang menstruasi dan yang enggak menstruasi.

 

Masing-masing kelompok diminta untuk menyelesaikan tugas menggunakan komputer. Hasilnya, kelompok cewek yang sedang menstruasi ditemukan enggak bisa menyelesaikan tugasnya dibanding kelompok cewek yang enggak menstruasi.

 

Tapi, hasil penelitian ini bukan berarti mencerminkan cewek adalah orang yang bodoh. Soalnya, penelitian menyimpulkan bahwa rasa nyeri saat menstruasi mengurangi fungsi kognitif dan konsentrasi cewek.

 

(Baca juga: 4 Jenis Gangguan Menstruasi pada Remaja)

 

Cewek yang sedang menstruasi makin doyan belanja

Menurut penelitian dari University of Herdfordshire, saat sedang menstruasi, sejumlah cewek jadi lebih suka belanja. Pernyataan ini didapatkan dari penelitian terhadap 500 cewek soal hubungan antara kebiasaan belanja dengan siklus menstruasi. Hasilnya, dua pertiga cewek mengaku belanja karena mengikuti suasana hati saat sedang menstruasi.

 

Profesor Pine, sang peneliti, bilang, hal ini disebabkan karena belanja dapat mengalihkan perhatian cewek dari kondisi tubuh yang kurang nyaman saat menstruasi.

 

(Baca juga: Lakukan Ini Untuk Kurangi Nyeri Menstruasi)

 

(christina/female.kompas.com, foto: tumblr.com, picslist.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN