Hasil Penelitian: Musik Bisa Bikin Bahagia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 16 Oktober 2014

Hasil Penelitian: Musik Bisa Bikin Bahagia

Musik memang memegang peranan penting dalam hidup kita. Menurut beberapa penelitian, musik bisa mempengaruhi kebahagiaan kita, lho. Simak yuk, hasil penelitian yang bilang kalau music bisa bikin bahagia.

 

Ketika kita mendengarkan musik, alunan nada yang masuk ke dalam telinga akan diproses oleh Cerebrum, yaitu bagian otak yang mempengaruhi emosi. terlebih jika kita mendengarkan musik yang benar-benar kita sukai. Soalnya, aktivitas otak ketika mendengarkan musik sama dengan aktivitas otak ketika kita merasakan emosi yang menyenanglan.

 

 

Musik Mempengaruhi Pola Kerja Otak

Ternyata, hubungan antara otak dan musik ini sudah terjadi sejak saat kita masih bayi, girls. Tepatnya sejak kita berumur lima bulan. Seiring pertambahan usia, pengaruh musik terhadap pola kerja otak bertambah banyak.

 

Menurut Valorie Salimpoor, seorang neuroscientist dari McGill University, Montreal, Kanada, musik dapat menstimulasi bagian otak yang memunculkan rasa bahagia. Jika kita mengikuti alunan musik dan memikirkan irama atau nada apa yang akan didengarkan setelahnya akan membuat kita jadi lebih semangat. "Hal itu sama seperti saat kita menunggu-nunggu sebuah tantangan ketika melakukan sesuatu yang menyenangkan. Hasilnya, kita akan merasa lebih senang," jelasnya.

 

Penelitian yang dilakukan oleh McGill University ini menunjukkan bahwa musik yang tepat bisa memicu timbulnya hormon endorfin, yaitu hormon yang menimbulkan perasaan lega dan bahagia. Lebih jauh lagi, perasaan bahagia yang timbul akibat mendengarkan musik ini bisa memotivasi kita untuk melakukan sesuatu yang disukai sehingga akan membuat kita tambah bahagia lagi.

 

 

Music For Happiness

Sebenarnya, hampir semua jenis musik bisa membuat kita merasa bahagia. Tapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita merasa lebih bahagia saat mendengarkan musik.

 

Musik yang disukai. Pilih musik yang benar-benar disukai. Ketika mendengarkan musik yang sangat disukai, emosi kita akan lebih terangsang sehingga bisa menimbulkan perasaan bahagia.

 

Musik yang penuh kenangan. Musik atau lagu yang membuat otak mengingat kembali kenangan bahagia yang pernah dirasakan dulu. Enggak ada salahnya membuat playlist berisi lagu-lagu terkait momen bahagia dalam hidup kita sehingga ketika nanti merasa sedih, kita bisa mendengarkan playlist ini lagi.

 

Live music. Selain alunan musik, suasana di sekitar akan membuat kit alebih bersemangat. Soalnya, musik bisa menjadi salah satu cara untuk membentuk ikatan sosial, sehingga ketika berada dalam suatu tempat bersama orang-orang dengan ketertarikan yang sama akan menimbulkan ikatan persahataban dan membuat kita jadi bahagia. Karena itu, yuk agendakan menonton konser atau nongkrong di café yang ada live music bareng teman.

 

(iif, foto: wifflegif.com, jpopasia.com, tumblr.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN