Hasil Penelitian: Cowok Lebih Narsis Dari Cewek

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 17 Juni 2014

Hasil Penelitian: Cowok Lebih Narsis Dari Cewek

Karena banyak cewek suka selfie, ada anggapan kalau cewek lebih narsis dari cowok. Tapi sampai tahu enggak sih, ternyata menurut penelitian dan statistik pengidap narsis itu justru cowok lebih narsis dari cewek.

 

"Sejauh ini data yang ada di DSM (Diagnostic and Statistic Manual of Mental Disorder) masih menunjukkan bahwa 75 persen penderita narsisme yang merupakan gangguan jiwa adalah cowok, bukan cewek. Jadi salah banget kalau nganggap cewek lebih narsis dibanding cowok," jelas Lilly Setiono, M.Psi.

 

(Baca juga: Panduan Agar Siap Menghadapi Teman Narsis)

 

Tapi faktanya cowok jarang foto-foto muka sendiri buat dipajang di situs social networking. Nah gimana tuh?

 

"Perilaku hobi pamer itu belum tentu narsisme. Emang salah satu tanda narsisme adalah mencintai diri sendiri dan semua atribut yang dimilikinya. Tapi, itu cuma salah satu tanda aja dan enggak menggambarkan narsisme yang sebenarnya. Jadi istilah narsis sekarang ini disalahartikan dan enggak berhubungan dengan definisi narsisme," kata Bu Lilly.

 

(Baca juga: Orang Narsis Lebih Mudah Stres)

 

Wajar kalau perilaku pamer foto lebih banyak cewek. Pasalnya, dari dulu perempuan diatur dalam norma sosial yang lumayan ketat. Jadi agak susah buat mereka untuk mengekspresikan diri. Nah, setelah ada internet dan ada situs social networking mereka jadi bisa menggunakan media-media tersebut sebagai sarana eksistensi dan ekspresi diri.

 

Bedanya dengan cowok, walau mereka nggak sedikit yang suka berfoto dan pamer foto, tapi bagi cowok objek narsisnya biasanya enggak melulu dari penampilan fisik. Bisa jadi otaknya yang encer, bodinya yang six packs, gelarnya, jabatannya, kekayaan ortunya, atau bahkan ketakwaannya. Pokoknya, apapun yang ada di dirinya yang dianggapnya paling sempurna dan enggak ada yang ngalahin.

 

(ega/hai, foto: tvguide.co.uk

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN