Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Terjadi Perilaku Rasisme

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 23 Agustus 2014

Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Terjadi Perilaku Rasisme

Ada beberapa hal yang wajib kita lakukan saat terjadi perilaku rasisme. Karena sikap rasis enggak baik dan harus kita hentikan. Supaya bisa lebih waspada terjadinya perilaku rasisme, cari tahu yuk hal yang wajib kita lakukan saat terjadi perilaku rasisme.

 

Baca juga: Ciri-Ciri Sikap Rasis Yang Harus Kita Waspadai

 

Berani Menegur

Kalau ada teman kita yang bikin lelucon atau melakukan sikap bully dalam bentuk apapun yang mengarah rasisme, jangan takut buat menegur mereka. Berani mengeluarkan pendapat kita dalam bentuk teguran, bisa menyadarkan teman kita yang salah. Saat kita mengingatkan mereka soal ini, mereka bisa saja mengelak padahal di dalam hati mereka berpikir soal kesalahan ini.

 

Kalau Kita Korban

Kalau kita menjadi korban tindakan rasisme, coba lakukan langkah sederhana kayak bilang "Sikap kamu enggak hanya menyakiti aku, tapi juga bikin contoh enggak baik buat teman kita yang lain," atau "Hey, kitakan warga Indonesia. Kita sama-sama belajar di sekolah yang sama dan gabung di eskul yang sama, kenapa kamu selalu merasa kita beda?"

 

Baca juga: Cari Tahu Apakah Kita Tergolong Cewek Rasis Dengan Mengenali Tanda-Tanda Rasisme

 

Kalau Kita Melihat Situasi Rasisme

Langsung tegur atau tengahi teman kita yang kelihatan lagi menyerang teman lain. Bersikap bijak dan jangan menggurui satu sama lain supaya keadaan enggak semakin buruk. Kita bisa menegur teman kita supaya enggak melakukan hal buruk seperti ini dan mengajak mereka berdamai.

 

Situasi Rasisme Yang Kita Lihat Berubah Jadi Bully Fisik Atau Cyber Bully

Lapor! Segera lapor ke guru kalau saat itu terjadi bully di sekolah. Kalau terjadi bully di dunia maya, beritahu orangtua kita. Minta bantuan orangtua kita supaya bisa mengingatkan orangtua korban dan guru kita. Dengan melakukan tindakan pelaporan kayak gini, kita bisa menyelamatkan teman kita yang menjadi korban dan pelaku akan dikasih sangsi tegas supaya sikap negatif ini bisa kita hentikan di sekolah.

 

 

(stefanie, foto: perezhilton.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN