Hal Yang Harus Kita Lakukan Saat Melihat Teman Di-bully

Published by : Marti Posted on : Senin, 11 Agustus 2014

Hal Yang Harus Kita Lakukan Saat Melihat Teman Di-bully

Stop bully! Coba hal yang harus kita lakukan saat melihat teman di-bully. Saat haters bersikap menyerang seseorang dan terjadi di depan kita, enggak ada salahnya kita ikut menolongnya. Dengan berani ikut memperjuangkan teman, kita bisa ikut melawan gerakan bully di sekolah. Cari tahu yuk hal yang harus kita lakukan saat melihat teman di-bully.

 

Menghadapi Masalah Sendiri

Saat melihat teman kita di-bully, hadapi dulu masalah ini dengan sendiri. Anggap ini sebagai masalah kita juga.  Jangan khawatir takut dengan anggapan sok pahlawan dari komentar orang lain. Ingat, apapun bentuk perilaku bully itu salah. Dengan ikut menganggap ini sebagai masalah kita, kita bisa katif mengurangi perilaku bully di sekolah.

 

Baca juga: Ciri Dan Tanda Kita Tertekan Atau Stress Saat Punya Masalah Dan Cara Menghadapinya


Cari Dukungan Orang Lain

Saat kita ikut menolong sahabat di-bully, bisa jadi keselamatan kita ikut terancam. Makanya, kita butuh dukungan orang lain buat melindungi kita dan teman kita yang di-bully. Kita bisa melaporkan perbuatan ini ke guru atau orangtua kita. Supaya pelaku enggak akan menyerang kita atau melakukan tindak kekerasan yang bisa membahayakan keselamatan kita dan teman.

 

Atasi Dengan Bijak

Tindakan kita saat melihat teman kita di-bully kakak kelas, tentu butuh keberanian besar. Tapi bukan artinya kita harus menyerang mereka kembali dengan kekerasan. Kita bisa menolong mereka saat di-bully misalnya, melaporkan langsung ke guru supaya cepat diatasi. Atau kita bisa menegur saat melihat adik kelas di-bully sahabat. Enggak selamanya bully bisa diatasi dengan sikap agresif. Supaya terselesaikan dengan baik, kita harus bisa mencari solusi menyelesaikannya dengan bijak.

 

Baca juga: Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Kita Menjadi Korban Cyber Bully


Cari Bantuan Dari Luar

Langkah besar lain ikut membantu gerakan mengurangi bully di sekolah, kita bisa ikut grup yang mendukung gerakan mengurangi bully. Kita bisa ikut komunitas atau grup secara online untuk minta dukungan atau mencari solusi menyelesaikan masalah bully yang kita hadapi.

 

Baca juga: Dampak Buruk Bullying

 

 

(stefanie, foto: rebloggy.com)

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN