Hal Yang Bisa Mengurangi Pahala Pas Puasa

Published by : Marti Posted on : Sabtu, 5 Juli 2014

Hal Yang Bisa Mengurangi Pahala Pas Puasa

Bulan Ramadhan artinya harus bisa menjauhi hal yang bisa mengurangi pahala pas puasa. Hal yang bisa mengurangi pahala pas puasa ini, sebenarnya hal kecil yang bisa terjadi tapi ampuh banget buat mengurangi pahala dan enggak baik dilakukan pas puasa. Apa saja sih hal yang bisa mengurangi pahala pas lagi bulan puasa?


Bohong

Kebohongan kecil maupun besar sama buruknya girls. Even white lies, enggak baik kalau kita lakukan di bulan puasa. Hal yang bisa mengurangi pahala pas puasa ini, pasti pernah kita lakuin. Kayak mengaku kalau habis begadang padahal malas bangun pas sahur, mau buka puasa bareng teman di mall padahal kita nge-date sama pacar dan lain-lain. Hindari hal yang bisa mengurangi pahala pas puasa ini girls, soalnya hanya bikin rugi kita.

 

Baca juga: Tips Hadapi Teman Mulut Besar, Tips Jujur Kepada Sahabat Tanpa Menyakitinya dan Tips Berbicara Jujur Kepada Pacar


Gosip

Tiap ketemu teman atau sahabat entah lewat chat, sms, telfon atau tatap muka, pasti dong ada percakapan ngomongin orang lain. Gosip sama halnya kayak berbohong dan bisa mengurangi pahala pas puasa. Biar jauh dari sikap ini, coba ganti dengan hal yang positif. Kayak ikut pengajian bareng sahabat, hunting makanan buat buka puasa bareng sahabat, bakti sosial membagikan tajil ke orang enggak mampu dan lain-lain. Pasti jauh dari hal yang bisa mengurangi pahala pas puasa deh!

 

Baca juga: Tips Menghadapi Gosip Buruk Di Sekolah

 

Frenemies

Apapun namanya mengadu domba, frenemies, backstabber, toxic friends, apapun itu juga merupakan hal yang bisa mengurangi pahala pas puasa. Sikap enggak baik yang kita lakuin ini bisa merusak pahala bahkan membatalkan puasa orang lain. Misalnya gara-gara sikap kita, sahabat kita sedih dan menangis? Kebayangkan kalau hal ini bisa mengurangi pahala pas puasa?

 

Janji Palsu

Janji ke sahabat mau datang malam ini, ternyata kita enggak melakukannya bahkan menghindari semua telpon, chat dan sms dia karena takut marah. Janji ataupun sumpah palsu yang kita umbar di bulan puasa enggak baik. Hal ini bisa mengurangi pahala kita pas puasa dan mengecewakan orang lain. Supaya terhindar dari sikap enggak baik, jangan pernah janji kepada sahabat kalau kita ragu.

 

 

(stefanie, foto: respectwomen.co.in)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN