Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Kita Menjadi Korban Cyber Bully

Published by : Marti Posted on : Jumat, 18 Juli 2014

Hal Pertama Yang Harus Dilakukan Saat Kita Menjadi Korban Cyber Bully

Alert! Coba selalu ingat hal pertama yang harus dilakukan saat kita menjadi korban cyber bully di bawah ini. Hal ini wajib kita lakukan supaya kita enggak terpuruk atau membuat masalah menjadi rumit dan semakin besar. Dengan melakukan hal yang tepat, cyber bully bisa kita hindari dengan baik. Termasuk bisa menetralkan keadaan dan membuat haters yang menyerang menjadi mendukung kita. Apa saja ya hal pertama yang harus dilakukan saat kita menjadi korban cyber bully?

 

Jangan Panik

Pertama kali melihat diri kita diperlakukan enggak baik di dunia maya, jangan panik. Berusaha tenang supaya keadaan bisa terkendali dengan baik. Walau saat itu kita merasa bingung harus melakukan apa, coba tenangkan diri kita. Minum segelas air putih, atur nafas kita dengan baik dan hindari drama atau berusaha memberikan komentar di dunia maya.

 

Baca juga: Cyberbullying Satu Dari Tiga Remaja Jadi Korban

 

Beritahu Orangtua Kita

Laporkan segera perilaku ini kepada orangtua kita. Walau hal ini bisa membuat mereka kecewa atau marah besar, orangtua satu-satunya orang yang bisa melindungi kita dengan baik. Dengan memberitahu mereka, kita bisa mencari solusi yang lebih bijak dan enggak memperburuk keadaan kita nanti.

 

Baca juga: Tips Move On Saat Putus Cinta Dan Dihantui Sosial Media Mantan

 

Laporkan Kekerasan Di Akun Sosial Media

Kalau cyber bully ini dilakukan di sosial media, segera laporkan hal ini dengan menekan tombol report. Biasanya beberapa sosial media memiliki fasilitas anti cyber bully dan sangat mudah melaporkan hal ini kepada mereka. Cari tahu soal pelaporan kepada akun tersebut dan minta dukungan dari orang terdekat kita yang lain supaya ikut melaporkan hal ini.

 

Dukungan Pihak Sekolah

Kalau pelaku cyber bully ini adalah teman sekolah ini, minta dukungan guru kita supaya bisa menyelesaikan masalah ini dengan baik. Laporkan dan berikan bukti soal ini kepada mereka. Minta mereka membantu dan melindungi kita di sekolah, supaya tetap aman dan bully enggak berlanjut di sekolah.

 

Baca juga: Dampak Buruk Bullying

 

Tetap semangat ya!

 

 

 

(stefanie, foto: imgfave.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN