Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Orangtua Meninggal Dunia

Published by : Marti Posted on : Senin, 15 Desember 2014

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Orangtua Meninggal Dunia

Enggak ada yang tahu kapan manusia akan kembali kepada Sang Pencipta. Begitu juga dengan orangtua kita. Ayah atau ibu bisa saja meninggalkan dunia ini walau usia kita masih muda sekali pun. Pastinya, sedih banget. Tapi, ada hal-hal yang perlu dilakukan ketika orangtua meninggal dunia.

 

(Baca juga: 5 Hal Sederhana buat Orangtua Bahagia)

 

Enggak perlu merasa aneh kalau kita enggak menangis

Enggak menangis itu enggak serta merta berarti kita enggak sayang sama mereka, lho. Ekspresi kesedihan enggak harus dituangkan dalam bentuk tangisan. Jadi, jangan merasa aneh kalau kita enggak menangis saat mengenang kepergian orangtua.


Bisa menjaga diri sendiri

Ini jadi poin yang penting banget. Dengan kepergian orangtua, jangan sampai kita mengecewakan ayah atau ibu yang meninggalkan kita. Kita harus bisa menjaga diri sendiri dan jadi lebih dewasa. Apalagi kalau kita masih punya ayah atau ibu, kakak dan adik. Kita juga harus bisa menjaga mereka semasa mereka hidup.

 

Selalu mengenang

Kalau perlu, kita dapat menuangkan kesedihan dengan mengumpulkan semua memori tentang mereka. Kita bisa menuliskan segala kenangan bersamanya. Hal-hal lucu yang pernah ayah atau ibu kita ucapkan. Dengan mengenang dan menuangkan hal itu dalam tulisan, dapat membantu kita lebih lapang dada dan menerima kepergian mereka.


(Baca juga: Ini dia nasihat-nasihat orangtua yang berguna banget buat kita)

 

Tanyakan kepada keluarga

Tanyakan kepada kakek, nenek, tante, atau om tentang masa kecil ayah atau ibu kita. Gimana ortu waktu masih muda dulu. Hal-hal bandel yang pernah mereka lakukan mungkin waktu masih muda.

 

Enggak perlu takut minta tolong

Saat di situasi berkabung, terkadang orang-orang di sekitar kita merasa bingung harus berbuat apa. Mereka takut bertindak atau berbicara hal yang salah. Jadi, walau terlihat teman atau tetangga enggak peduli, sebenarnya mereka hanya bingung harus melakukan apa. Enggak masalah kalau kita langsung minta tolong sama teman. Teman pasti bakal memberi pertolongan dengan tangan terbuka.

 

(Baca juga: Ketika Orangtua Memutuskan untuk Bercerai...)

 

(nana, foto: weknowmemes.com)

 

author :

Marti

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN