Girl With A Goal!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 19 Maret 2013

Girl With A Goal!

Sebagai unbeatable fun girl, kita harus banget punya goal alias target yang bisa menambah kualitas diri kita. Yang penting jangan sampai target yang dibuat cuma jadi omongan doang, ya. Learn the tricks and work it out girls!


Realistis

Jangan bikin target yang terlalu besar atau sulit. Buat yang mungkin dicapai dalam waktu satu tahun tanpa bikin kita menderita. Enggak perlu selalu hal besar, kok. Misalnya mengubah hal-hal kecil, seperti kebiasaan buruk yang selama ini sebenarnya banyak merugikan.

 

Detail

Buatlah target yang detail dan spesifik. Jangan cuma bilang: "Ingin lebih dekat dengan teman sekelas dan menambah teman", tapi juga bilang "Mencatat hari ulang tahun teman sekelas dan mengucapkan selamat", "Lebih sering senyum dan menyapa teman di sekolah" dan lainnya.

 

Fokus target

Lebih baik sedikit tapi sukses dicapai, daripada banyak tapi justru bikin kita enggak fokus dan akhirnya enggak maksimal atau malah enggak tercapai. Lebih baik jumlahnya enggak lebih dari lima target.

 

Breakdown & deadline

Supaya lebih mudah dijalankan, turunkan target kita per langkah. Misalnya target kita ingin turun berat badan lima kilo agar terlihat lebih oke saat prom night di bulan April. Langkah pertama, cari resep diet sehat di awal Januari. Langkah kedua, atur pola makan mulai bulan Januari. Langkah ketiga daftar fitness, yoga atau muay thai di awal Februari. Langkah keempat tetapkan target untuk turun dua kilogram setiap dua bulan, dan seterusnya.

 

Tuliskan & baca setiap hari

Tulis semua detil target yang telah kita buat lalu taruh di tempat yang pasti kita lihat setiap hari. Misalnya tulis di post it dan taruh di tembok kamar atau meja belajar. Dengan gitu, kita jadi terus diingatkan tiap hari, khususnya pas mulai malas dan pengin menyerah. 

 

Sering diobrolkan

Cara lain yang bikin terus ingat dan tambah bertekad mencapai target yang sudah dibuat adalah rajin membicarakannya bareng teman atau keluarga. Selain untuk mengingatkan, kita juga bisa dapat saran atau cara baru yang lebih baik untuk mencapai target itu.

 

Langsung bertindak

Jangan hanya ditulis atau jadi omdo alias omongan doang. Setelah semua rencana dibuat dan ditulis dengan detil, langsung laksanakan. Misalnya untuk target ingin lebih dekat dengan keluarga, mulai cari info liburan seru bareng. Atau yang ingin tambah akrab dengan teman sekelas, bikin kelompok belajar atau diskusi di kelas.

 

Find partner

Cari teman yang memilki target yang sama dengan kita. Dengan begitu, kita bisa berjuang bareng dia. Punya target yang sama bisa biki kita dan dia saling mengingatkan dan menyemangati saat kita sedang bandel ingin menyerah.

 

Hadiahi diri sendiri

Biar tambah semangat dan sukses sampai akhir, kasih diri kita hadiah setiap kali sukses mencapai target sesuai deadline. Misalnya setelah tiga bulan kita sukses turun lima kilo, enggak ada salahnya memanjakan diri dengan beli sepatu baru atau perawatan di salon. Hi-hi-hi!

 

(aisha, foto: fanpop.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN