Gaya Hidup Yang Bisa Membunuh Kita Perlahan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 17 September 2014

Gaya Hidup Yang Bisa Membunuh Kita Perlahan

Berikut ini beberapa gaya hidup yang bisa membunuh kita secara perlahan-lahan karena berbahaya bagi kesehatan tubuh, yang sayangnya sering enggak disadari oleh kita sendiri.

 

(Baca juga: Bahayanya Membiarkan Ponsel Menyala Saat Tidur)

 


Ponsel di dekat bantal

Menurut sebuah penelitian medis, diketahui bahwa 8 dari 10 orang tidur dengan meletakkan ponsel di samping atau di bawah bantal. Mereka enggak menyadari bahwa ini bisa membahayakan kesehatan mereka. Salah satu contoh adalah berkas "cahaya biru" dari layar ponsel. Sinar ini dapat merusak mata dan kesehatan otak.

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa cahaya biru akan menekan sekresi hormon melatonin di malam hari dan dapat mengganggu kualitas tidur. Nah, untuk menghindari hal ini, jangan pernah menempatkan ponsel di bawah bantal saat tidur. Taruhlah setidaknya 20 cm jauhnya dari bantal untuk mengurangi radiasi sebesar 98%. Tetapi sebenarnya mematikan ponsel bisa jadi pilihan yang terbaik.

 

(Baca juga: Penelitian Berapa Lama Seseorang Menatap Handphone Per Hari)

 

 

Siklus bulanan

Kebanyakan cewek cenderung mengabaikan penyimpangan yang terjadi dalam siklus bulanan mereka. Penyimpangan tersebut termasuk siklus yang nggak teratur, nyeri yang berlebihan, dan serangkaian gejala lain. Ini bisa menjadi awal dari gejala mioma, tumor, bahkan kanker.

 

Oleh karena itu, selalu tulislah siklus bulanan, sehingga kita dapat memantau apakah memiliki jadwal rutin bulanan atau tidak. Dan ketika menemukan ada sesuatu yang salah, segera kunjungi dokter kandungan untuk mendapatkan perawatan medis.

 

(Baca juga:Siklus Menstruasi Cewek)

 


Duduk terlalu lama

Tanpa disadari, duduk terlalu lama bisa mengundang munculnya berbagai penyakit kronis. Salah satunya adalah nyeri punggung. Sekitar 7 dari 10 orang harus mengunjungi klinik fisioterapi untuk mengobati gangguang tulang belakang mereka karena disebabkan oleh duduk terlalu lama.

 

Selain merusak bentuk tubuh, duduk terlalu lama juga dapat menyebabkan obesitas dan awal penyakit kronis. Coba yang sering main game di depan komputer pasang "alarm" kalau perlu buat gerakin tubuh.

 

(Baca juga: Awas Bahaya Duduk Terlalu Lama)

 


Kesehatan kulit

Sebagian besar dari kita mungkin merasa bahwa memakai tabir surya nggak terlalu penting. Terlalu banyak paparan sinar matahari pada kulit dapat menyebabkan munculnya kanker kulit.

 

Oleh karena itu, setiap kali melakukan kegiatan di luar ruangan, selalu gunakan tabir surya pada kulit, terutama bila di bawah sinar matahari langsung. Pilih tabir surya yang sesuai dengan kegiatan di luar ruangan.

 

(Baca juga: 5 Makanan yang Merusak Kesehatan Kulit)

 

(ega/hai-online.com, foto: tumblr.com, perezhilton.com, fanpop.com) 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN