Gangguan Kesehatan Waktu Puasa? Enggak Lagi-Lagi!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 12 Juli 2013

Gangguan Kesehatan Waktu Puasa? Enggak Lagi-Lagi!

Karena beberapa hal, kita jadi mengalami berbagai gangguan kesehatan waktu puasa. Memang sih hanya gangguan kecil, tapi kadang bikin puasa kita jadi enggak nyaman lagi. Malahan bisa bikin kita lebih lemas dari biasanya.

 

Sakit kepala

Bagi kita yang sering minum kopi, sakit kepala biasanya datang waktu sore menjelang buka. Sakit kepala juga bisa terjadi waktu kita kurang tidur dan akumulasi sama rasa lapar pada perut kita.

Cara mengatasi dan mengobati: Kurangi konsumsi kafein selama bulan puasa. Atur waktu dan jadwal sehari-hari biar kita bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kalau rasa pusing enggak tertahankan, pakai minyak kayu putih atau pergi tidur beberapa saat.

 

Pencernaan terganggu

Gara-gara kebanyakan makan makanan pedas dan yang banyak mengandung gas kayak telur, kol dan kacang-kacangan, pencernaan kita jadi terganggu. Selain faktor makanan, minuman bersoda juga bisa membuat pencernaan kita terganggu.

Cara mengatasi dan mengobati: Balur perut kita dengan minyak kayu putih atau balsem. Tiduran dengan posisi terlentang dan relax. Sebaiknya di hari berikutnya atur makanan kita selama sahur dan jangan makan terlalu banyak.

 

Kembung

Makanan instan kayak mi instan dan makanan kaleng bakal membuat perut kembung. Selain itu, kita juga bakal merasa lapar lebih cepat daripada saat kita makan karbohidrat dari nasi dan lauk-pauk biasa.

Cara mengatasi dan mengobati: Makan makanan berserat dan dengan nutrisi yang cukup waktu sahur. Minum juga air putih yang banyak waktu sahur. Kita enggak bisa minum obat ketika puasa, jadi kompres perut kembung sama air hangat biar terasa lebih baik.

 

(lana, foto: thefrisky.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN