Fit & Slim With Muay Thai

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 5 April 2013

Fit & Slim With Muay Thai

Selain bikin sehat dan bugar, olahraga Muay Thai juga efektif banget untuk menurunkan berat badan sekaligus membentuk tubuh.

 

Melakukan satu sesi Muay Thai, 60 - 90 menit bisa membakar 700 - 1200 kalori. Kalau dilakukan secara teratur, akan bisa meningkatkan kesabaran kita, kendali diri dan bisa menghilangkan stres juga, lho. Muay Thai juga membuat tubuh bugar dan melatih refleks kita dalam membela diri. Bisa dilakukan di rumah, girls!


Jab dan Strike

Jab dan Strike ini adalah pukulan dasar dalam Muay Thai. Jab berarti pukulan lurus menggunakan tangan kiri, sedangkan Strike menggunakan tangan kanan. Target dari teknik pukulan ini adalah wajah dan tubuh bagian depan dari lawan kita. Posisi kudah-kuda dalam gerakan ini adalah kaki dibuka selebar bahu, dan posisi kaki kiri di depan. Lakukan Jab dan Strike sebanyak delapan kali secara bergantian.

 

Hook

Pukulan menyamping dari arah luar, menggunakan tangan kanan atau kiri. Target pukulan ini adalah wajah dan tubuh bagian samping. Buka kaki selebar bahu, ambil pukulan dari arah belakang bahu, sejajar dada. Lakukan delapan kali secara bergantian.

 

Upper Cut

Pukulan mengayuh dari bawah ke atas. Baik dengan tangan kanan atau pun kiri. Targetnya mulai dari tubuh bagian samping, depan dan dagu. Posisi kaki kuda-kuda, lalu kepalkan tangan dan ayunkan dari posisi sejajar pinggang hingga sejajar leher. Lakukan delapan kali secara bergantian.

 

Elbow

Gerakan memukul dengan sikut yang melatih otot pinggang, lengan dan bahu. Lakukan pukulan dengan posisi tangan menyiku sejajar bahu ke arah dada lawan kita.

 

Upper Cut Elbow

Perpaduan antara gerakan Upper Cut dan Elbow. Dengan kuda-kuda yang sama, lakukan pukulan dengan posisi menyiku dari arah sejajar pinggang hingga ke arah dada atau dagu lawan. Lakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

 

Upper Cut Knee

Tendangan dengan lutut ini bisa melatih kekuatan otot kaki kita. Sama dengan Upper Cut tangan, tapi memakai lutut sebagai senjata. Buka kaki selebar bahu, posisi kaki kiri di depan dan lakukan tendangan dengan lutut kanan dengan target dada lawan. Lakukan masing-masing delapan kali secara bergantian untuk kaki kanan dan kiri.

 

Middle Kick

Jika kita menendang dengan kaki kanan maka  posisi kaki kiri di depan. Putar pinggang sedikit ke arah kanan dan lakukan tendangan lurus ke depan dengan kaki kanan. Arahkan tendangan ke arah tubuh bagian tengah atau bagian pinggang dan ketiak lawan. Lakukan sebaliknya untuk tendangan dengan kaki kiri.  Lakukan masing-masing delapan kali.

 

Low Kick

Teknis gerakannya sama dengan Middle Kick, hanya saja arah atau targetnya yang berbeda. Susuai namanya, Low Kick punya target lebih rendah, yaitu bagian pinggang ke bawah, misalnya bagian betis lawan. Lakukan juga masing-masing delapan kali secara bergantian.

 

Kalau tertarik untuk latihan Muay Thai lebih serius, kita tinggal datang ke Center Base MuayThai Camp Sports & Entertainment di Jl. HOS Cokroaminoto No. 115, Menteng, Jakarta Pusat, Tlp. 021-91271196. Kelas dibuka setiap hari dari pukul 09.00-21.00. Bisa juga cari tahu lebih lanjut di www.facebook.com/centerbasemuaythai.camp atau Twiiter: @centerBaseCamp

 

(aisha, foto: powkidschichago.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN