Feel Good Formula, Rahasia Untuk bahagia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 2 Agustus 2013

Feel Good Formula, Rahasia Untuk bahagia

Enggak susah, lho, untuk bisa bahagia. Selama kita tahu rumus yang tepat, kita bisa, kok, menjalani hari-hari dengan senyum bahagia. Dr. Todd B. Kashdan, Ph.D., psikolog dari George Mason University, berhasil menemukan rumus singkat untuk mencapai kebahagiaan yang disebut Feel Good Formula.

 

Apa, sih, Feel Good Formula ini? Menurut Dr. Kashdan, ada enam faktor yang apabila digabungkan sesuai takaran yang tepat, maka akan membuat jiwa kita selalu merasa bahagia. Hmm... ternyata bukan matematika aja, ya, yang punya rumus.

 

Feel Good Formula = (Mx16 + CX1 + LX2) + (TX5 + NX2 + BX33).

 

Bingung? Enggak usah khawatir. Yuk, kita lihat apa, sih, maksud rumus di atas.

 

M: Live in the moment

Rumus pertama untuk bahagia yaitu menikmati setiap momen yang kita alami dan menghargai semua hal yang kita temui, seperti suara, bau, pemandangan, dan kondisi lingkungan sekitar. Ingatkan diri setiap jam untuk menikmati momen ini, mulai dari bangun tidur sampai tudur lagi. Jika ditotal, kita punya waktu 16 jam untuk menikmati setiap momen ini.

 

C: Be curious

Dengan selalu ingin tahu, tentu kita pengin mengeksplorasi hal baru atau apa saja yang kita pikirkan. Dr. Kashdan merekomendasikan untuk melakukan hal ini sekali setiap hari. Rasa puas yang diterima ketika berhasil memecahkan keingintahuan tentu akan membuat kita bahagia.

 

L: Do something you love

Enggak ada yang lebih menyenangkan selain melakukan apapun yang kita sukai. Cari tahu apa saja pekerjaan atau kegiatan yang kita sukai, lalu lakukan dua kali sehari, pertama pada saat kita sibuk, seperti ketika belajar, dan ketika kita tidak sedang melakukan apa-apa.

 

T: Think of others first

Rumus ini mengajak kita untuk lebih berempati, yaitu lebih memberi perhatian kepada orang lain sebelum memikirkan diri sendiri. Kita bisa memuji, menolong orang lain, mendengarkan curhatan teman, dan hal kecil lain yang menunjukkan empati kita. Lakukan lima kali sehari dan kita akan segera merasa bahagia karena membuat orang lain bahagia.

 

N: Nurture Relationship

Sebagai makhluk sosial, kita enggak bisa hidup sendiri. Karena itu, kita harus selalu meluangkan waktu untuk memelihara hubungan dengan orang lain, seperti pacar, teman, keluarga, atau guru, minimal dua kali sehari. Soalnya, mereka yang memiliki hubungan erat dengan orang lain adalah orang yang paling bahagia di dunia.

 

B: Take care of your body

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan, seperti mengonsumsi makanan sehat tiga kali sehari dan berolahraga minimal 30 menit setiap hari. Tubuh yang sehat akan menghindarkan kita dari stres dan tentunya membuat kita bahagia.

 

Dengan mengombinasikan keenam formula ini sesuai takaran yang diberikan Dr. Kashdan, kita akan berbahagia selamanya. So, don't worry be happy, girls.

 

(iif. foto: collegelifestyle.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN