Fakta Ilmiah Di Balik Rasa Suka

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 5 November 2013

Fakta Ilmiah Di Balik Rasa Suka

Kenapa cowok suka sama cewek berbaju merah? Kenapa orang yang berwajah simetris banyak yang naksir? Kenapa ada yang suka sama cowok yang lebih tua atau lebih muda? Ada penjelasan ilmiahnya, lho!

 

Pengaruh umur orang tua

Kita lebih suka sama cowok yang lebih tua atau lebih muda? Ini ada pengaruhnya dengan usia orang tua saat kita lahir. Menurut penelitian dari University of St Andrews, Kalau kita lahir ketika ortu berumur diatas 30 tahun, kita enggak terlalu tertarik sama yang muda dan lebih tertarik sama orang yang lebih tua dari kita.

 

Wajah simetris lebih disukai

Sisi kiri dan kanan manusia memang enggak ada yang 100% sama. Tapi orang ada beberapa yang memiliki wajah dengani sisi kiri dan kanan yang nyaris sama, dia dianggap cantik dan lebih banyak menarik lawan jenis. Karena simetris menunjukan adanya genetik yang baik, terutama dalam hal kesehatan reproduksi. Manusia dibawah sadarnya selalu mencari  pasangan yang bisa meneruskan keturunannya. "Orang yang berwajah simetris akan menghasilkan anak yang berwajah simetris juga dan bisa menghadapi berbagai tantangan hidup. Sehingga kesempatan bertahan hidup pun lebih lama," jelas ahli biologi Randy Thornhill.

 

Mirip orang tua

Orang selalu tertarik dengan orang yang mirip dengan Ayah atau Ibunya. Penelitian dari University of St Andrews membuktikan, orang akan tertarik sama lawan jenis yang memiiki bentuk mata, warna rambut mirip dengan orang tua mereka. Cewek akan mencari cowok yang mirip dengan ayahnya dan cowok akan mencari yang mirip dengan ibunya. Apalagi kalau kita punya hubungan baik dengan orang tua kita, kemungkinan ini semakin besar.

 

Baju merah

Cowok ternyata lebih tertarik dengan cewek yang menggunakan baju merah. Warna ini membuat cewek terihat lebih seksi dan menarik. Warna-warna yang mengandung unsur merah seperti: merah tua, merah anggur atau fuschia dua kali bisa menarik lawan jenis dibandingkan warna-warna lain. Penelitian menunjukan merah bisa menjadi magnet yang menarik orang lain. Ini udah terbukti enggak hanya pada manusia tapi juga pada hewan, lho.

 

Mestruasi ikut berpengaruh

Siklus menstruasi ikut berpengaruh kapan kita terlihat menarik atau enggak. Saat cewek sedang berovulasi (saat di mana masa subur, sekitar 14 hari sesudah menstruasi), cewek akan memilih cowok yang berpenampilan maskulin. Cowok juga melihat cewek sedang berovulasi adalah cewek yang cantik dan menarik. Kenapa bisa begitu? "Ini ada hubungannya dengan aliran darah yang akan berpengaruh pada warna wajah, perubahan jerawat dan jumlah estrogent yang dilepaskan dari tubuh cewek," jelas Nathan Pipitone dari University in Colorado. Semakin banyak estrogen, semakin 'kinclong' dan menarik seorang cewek terlihat di mata cowok.

 

Lapar atau enggak

Cara cowok melihat cewek bisa dipengaruhi oleh kondisi perut mereka. Cowok yang sedang lapar akan lebih tertarik pada cewek yang lebih gemuk. Ini juga terjadi ketika cowok pada keadaan stres dan penuh tekanan. Mereka akan lebih suka pada cewek yang lebih curvy, lebih bulat (bahkan mungkin cenderung kegendutan). Ini ada hubungannya dengan alam bawah sadar cowok yang sedang mencari kekuatan, kontrol, pengasuhan dan kemandirian.

(muti, foto: newgap.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN