Fake It Untill You Make It

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 14 November 2013

Fake It Untill You Make It

Pada umumnya, kita merasa perasaan adalah hal yang mempengaruhi ekspresi wajah dan gesture tubuh kita. Padahal, kita bisa melakukan kebalikan dari hal itu, lho. Meskipun perasaan cenderung terasa lebih kuat, kita bisa memanipulasinya dengan memperagakan gesture positif buat memengaruhi perasaan kita.           

 

Profesor dari Harvard Business School, Amy J.C. Cuddy membuktikan hal itu dalam penelitiannya soal power pose. Ternyata, enggak selamanya perasaan yang memengaruhi gesture kita. Kita justru bisa melakukan hal sebaliknya, yaitu memperagakan gesture positif buat mengembalikan mood dan menambah percaya diri. Soalnya, gesture positif bisa mendatangkan kekuatan secara berangsur-angsur buat diri kita. Gesture positif yang dikenal dengan nama power pose ini bisa meningkatkan kerja neuroendocrine, yaitu sel yang berperan penting buat mengatarkan hormon yang berkaitan sama metabolisme, pertumbuhan dan mood. 

 

Fake it until you make it!

Merasa enggak pede waktu bergabung sama teman-teman baru seringkali jadi masalah buat kita. Terkadang kita lebih merasa nyaman mendekap tangan kita di dada atau menggaruk-garuk leher, karena enggak tau mesti berbuat apa. Hilangkan rasa enggak pede itu sama power pose, girls. Daripada memilih gesture yang membuat kita tambah minder, kita bisa menempelkan tangan pada pinggang atau memainkan tangan kita.

 

Pertama-tama, kita harus menerapkan prinsip fake it until you make it buat melakukan power pose ini. Kita perlu berusaha buat menampilkan gesture positif, meskipun sebenarnya kita merasa down atau enggak pede. Amy sendiri menerapkan prinsip ini dalam hidupnya selama bertahun-tahun. Buat menjadi pribadi yang kayak sekarang, Ami berjuang buat memalsukan hal yang dia lakukan sampai dia benar-benar merasakan yang sesungguhnya.    

 

Contoh power pose

1.    Duduk bersandar dan taruh kedua tangan kita di balik leher. Tumpangkan salah satu kaki kita di atas kaki lainnya. Posisi ini membuat kita jadi relax dan melupakan masalah sejenak.

2.    Taruh kedua tangan kita di kedua sisi pinggang. Hal ini menambah rasa percaya diri kita.

3.    Waktu duduk dengan teman, taruh tangan kita di kursi tempat dia duduk. Selain menambah keakraban, posisi ini juga bikin kita enggak canggung sama teman.

4.    Menaruh kedua tangan kita di meja bakalan membuat kita lebih relax waktu menyampaikan persentasi di kelas, girls.

 

(lana, foto: allphotopaper.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN