EQ Lebih penting dari IQ

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Minggu, 24 Maret 2013

EQ Lebih penting dari IQ

Sekarang ukuran kesuksesan enggak hanya ditentukan oleh IQ tapi juga oleh EQ.  Emotional quotient mengukur sejauh mana seseorang mampu mengunakan dan menyalurkan emosinya. Bagaimana dia mengatur emosi diri sendiri, emosi pada orang lain, apakah dia mampu dengan baik mengekpresikan perasaan sesuai dengan keadaan, mampu memotivasi diri dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

 

Kenapa EQ penting karena dalam dunia kerja kelak kita kan berhubungan dengan orang lain, entah itu teman kerja, bos atau juga relasi bisnis, keluarga atau yang lainnya. Berhubungan dengan manusia pastinya kita perlu empati dan saling pengertian. Sepintar apa pun kalau kita enggak bisa berempati dan mengerti orang lain pasti susah kan? Makanya EQ jadi penting untuk kunci menuju sukses.

 

Ada bebererapa cara yang bisa kita lakukan untuk melatih EQ kita. Antara lain:

 

1.       Be open minded

Jangan bilang enggak suka atau enggak mau sebelum mencobanya. Coba dulu baru putuskan kita suka atau enggak. Entah itu pelajaran, lagu, makanan atau pun film yang ditawarkan oleh orang lain.

 

2.       Selalu ingin tahu

Coba latih rasa ingin tahu kita dan coba cari jawabannya. Melatih rasa ingin tahu membuat kita enggak pernah berhenti menemukan hal-hal baru yang ada di dunia ini. Bisa dimulai dari rajin-rajin baca artikel Did You Know yang ada di kawanku, lho.


3.       Berpikir positif

Semakin kita gede, semakin banyak masalah yang akan kita hadapi.  Percayalah setiap masalah pasti ada jalankeluarnya. Dengan berpikir positif  membuat kita melihat masalah lebih baik dan enggak tenggelam dalam kesedihan.


4.       Bergaul dengan siapa pun dan berempati

Perluas jaringan pertemanan. Enggak hanya gaul dengan teman satu geng aja. Cari teman yang karakternya berbeda dengan kita. Coba mengerti kenapa mereka punya kesenangan yang berbeda dengan kita.  Hidup kita akan lebih seru dan berwarna.

 

(muti. foto. glee-fans.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN