Eating Disorder: Dialami 38% Orang Indonesia

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 21 Februari 2013

Eating Disorder: Dialami 38% Orang Indonesia

Did you know, di tahun 2013 ini ada 38% orang di Indonesia yang memiliki gangguan pola makan. Dan kebanyakan dari penderita adalah perempuan. Ini terjadi karena banyak orang yang mau melakukan hampir apa saja untuk menjaga berat badan idealnya.

 

"Untuk terlihat kurus, banyak perempuan yang melakukan penurunan berat badan dengan cara yang salah. Padahal, cara-cara instant bisa memperparah keadaan seseorang," ujar dr. Grace Judio-Kahl Weight Control Consultant dalam Press Conference Eating Disorder Awareness Campaign di Jakarta, Rabu, (19/02).

 

Tapi enggak hanya perempuan, laki-laki juga terkadang 'dituntut' untuk terlihat rapih dan berbadan proporsional. Untuk menjaga berat bedan, kadang seseorang menerapkan pola makan yang enggak sehat. Hal ini biasa disebut gangguan pola makan atau eating disorder. Gangguan pola makan tersebut disebabkan oleh ketakutan yang berlebihan dalam kenaikan berat badan.

 

Penderita gangguan makan bisa berlanjut ke penyakit bulimia atau anorexia. Dua penyakit itu, enggak cuma sekadar penyakit, tetapi sudah berlanjut ke gangguan jiwa.

 

"Penderita gangguan makan dapat disembuhkan dengan terapi yang komprehensif dengan mempelajari tentang nutrisi juga pendekatan psikologis," tutur Tara Adisti, Psikolog Shape Up Indonesia.

 

Anorexia dan bulimia

Anorexia Nervosa merupakan gangguan makan dengan perilaku diet atau olahraga yang berlebihan, sehingga mencapai kondisi tubuh kelaparan. Penderita Anorexia tidak pernah merasa langsing walaupun telah menurunkan berat badan secara ekstrem.

 

Sedangkan bulimia, ditandai ketika siklus makan seseorang terlalu berlebihan. Setelah itu, penderita bulimia memuntahkan kembali makanan tersebut atau olahraga secara berlebihan. Gangguan ini berkaitan dengan kehilangan kontrol diri saat makan. Terapi tingkah laku, psikoterapi dan antidepresan dapat mengatasi penyakit gangguan makan ini.

 

(atifa/astri, foto: imgfave.com)

 

Tags : life health

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN