Dua Hal yang Dinilai Orang dari Kita, Saat Pertama Kali Bertemu

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Kamis, 28 Januari 2016

Dua Hal yang Dinilai Orang dari Kita, Saat Pertama Kali Bertemu

Profesor dari Harvard Business School, Amy Cuddy, bekerjasama dengan psikolog, Susan Fiske dan Peter Glick, selama lebih dari 15 tahun meneliti pola interaksi manusia. Mereka menemukan ada dua hal yang dinilai orang dari kita, saat pertama kali bertemu.

(foto: hollywoodreporter.com)

 

(Baca juga: Kesan Pertama Cowok Tentang Kepribadian Cewek)

 

Hal tersebut adalah, "Apakah orang ini dapat dipercaya" dan "Apakah saya dapat menghormati orang ini,".

 

Singkatnya, kehangatan dan kompetensi dalam diri seorang, menurut ketiga peneliti, sangat dipertimbangkan di saat pertama kali bertemu.

 

Dalam dunia profesional, Amy Cuddy mengatakan bahwa hal pertama yang dinilai seseorang adalah kompetensi. Tapi, dalam lingkungan sosial, kehangatan dan kepercayaan merupakan faktor lebih penting daripada kompetensi.

 

(Baca juga: Memberi Kesan Baik Saat Berkenalan Dengan Orang Baru)

 

Cuddy juga mengatakan bahwa saat ini lulusan bergelar MBA (setara S2) terlalu fokus dengan kecerdasan dan kompetensi, yang berakhir membuat mereka ketinggalan acara sosial, jarang meminta tolong, dan umumnya sulit diajak bersahabat.

 

"Jika seseorang yang kita ajak bicara enggak percaya sama kita, hasilnya enggak akan memuaskan, malah dia bisa curiga sama kita atau memunculkan kesan kalau kita manipulative," kata Amy Cuddy. "Seseorang yang hangat, bisa dipercaya, dan kuat bisa membuat orang lain kagum. Tapi kelebihan ini bisa menguntungkan kalau rasa percaya itu sudah muncul," lanjutnya. (Sumber: businessinsider.co.id)

 

(Baca juga: 15 Hal Yang Pertama kali Diperhatikan Cowok Dari Cewek)

 

(silvita/ female.kompas.com)

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN