Donor Darah, Yuk!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Rabu, 19 Juni 2013

Donor Darah, Yuk!

Sebagian orang menganggap donor darah kegiatan yang nyeremin. Banyak juga mitos-mitos yang bikin kita enggak berani buat ngedonorin darah. Padahal donor darah sama sekali enggak menyakitkan dan cuma berlangsung selama lima belas menit.

 

Syaratnya pun enggak ribet. Untuk bisa mendonorkan darah, kita harus berada di rentang umur 17-60 tahun. Kalau pun umur kita belum mencukupi, kita bisa menjadi donor asal ada izin tertulis dari orang tua. Selain itu, berat badan kita juga enggak boleh kurang dari 45 kg. Syarat-syarat lainnya yang menyangkut kesehatan tubuh kita, bakal diperiksa sama petugas donor darah.

 

Dulu donor darah harus mendatangi kantor Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit, tapi sekarang kita punya banyak pilihan tempat. PMI menyediakan mobil donor darah yang keliling di kota-kota besar, buat mencari pendonor. Kadang mereka parkir di mall juga, lho.

 

Selain berkeliling, mereka juga mau menerima panggilan kalau kita mau menjadi donor darah. Misalnya, kita dan teman-teman sekelas bersedia jadi donor darah. Kalau jumlah kita mencapai 30 orang, kita tinggal menelepon PMI terdekat dan mereka akan mendatangi kita.

 

(lana, foto: stanmed.stanford.edu)

Tags : donor darah life

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN