Do & Don'ts Dalam Memilih SMA

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 13 April 2013

Do & Don'ts Dalam Memilih SMA

Sekarang kita sudah duduk di kelas 9 SMP. Saatnya memilih SMA yang akan menentukan nasib kita tiga tahun ke depan. Tapi, jangan sembarang pilih kalau enggak menyesal nantinya.

 

Dos:

SMA unggulan

Punya alumni yang pernah jadi juara olimpiade, pelajaran dan guru-gurunya terkenal berbobot, serta memiliki ekskul-ekskul keren yang beredar di mana-mana. Yep, sebuah sekolah unggulan setidaknya pasti memiliki satu dari tiga hal di atas. Dengan memilih sekolah yang masuk kategori unggulan, kemungkinan besar kita akan mendapatkan ilmu dengan cara yang lebih baik. Selain itu, kesempatan masuk universitas ternama di dalam dan luar negeri pun terbuka lebih lebar.

 

Unique extraculicullar

SMA yang punya banyak variasi ekskul selain memudahkan kita menggali bakat yang dimiliki juga bisa memberi banyak pengalaman. Bahkan kalau bisa, kita ikutan ekskul yang selama ini enggak ada di SMP. Misal, memasak atau tata rias. Habis itu, kita bisa cari pemasukan tambahan dari kue bikinan kita atau jadi make up assistant teman yang mau pergi ke pesta. Asyik...

 

Unique curriculum

Bukan rahasia umum kalau sekarang ada beberapa sekolah yang punya kurikulum beda. Contoh, SMA internasional yang memakai kurikulum luar. Dengan begitu, kita bisa dapat pelajaran baru yang enggak ada di SMA biasa. Bahkan, bukan enggak mungkin jadi lebih lancar menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing lain.

 

Expert teachers

Siapa, sih, yang mau diajar oleh guru yang otoriter dan enggak jelas cara mengajarnya? Makanya, sebelum masuk ke satu SMA, jangan lupa cari tahu juga soal kapabilitas guru-guru di sana. Soalnya, mereka, lho yang bakal mentransfer banyak ilmu ke kita.

 

Don'ts:

Ikutan teman

Jangan kecewa kalau nantinya sekolah ternyata enggak seperti yang kita harapkan. Habis, kita sekolah di situ cuma karena ikut-ikutan teman, sih. Bakal tambah bete kalau tiba-tiba teman menjauh karena bertemu teman baru. Haduh, sedihnya dobel.

 

Dekat dari rumah

Kalau alasannya gara-gara mau irit ongkos, dijamin nanti kita pasti akan menyesalinya. Kan, enggak semua sekolah yang dekat rumah punya kualitas bagus...

 

Banyak cowok cakep

Bg no, no banget kalau alasan utama kita memilih suatu sekolah karena di sana ada banyak cowok cakep yang bisa digebet. Cowok cakep enggak menjamin sekolah itu jadi sekolah yang bagus, kan?

 

Demi pacar

Siapa yang bisa menjamin kalau pas SMA nanti kita enggak bakal putus? Kalau tiba-tiba hubungan dengan pacar enggak berjalan sesuai rencana... waaa bisa nangis bombay kita nanti...

 

(grace, foto: cartoondollemporium.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN