DIY: Bikin Taman Vertikal Yuk!

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 25 April 2013

DIY: Bikin Taman Vertikal Yuk!

Lahan sempit enggak bikin kita nyerah buat tetap go green. Kita bisa bikin taman vertikal, girls. Taman vertikal adalah taman berisi tetumbuhan yang menempel di dinding. Cara membuatnya pun mudah dan enggak butuh biaya banyak. Cukup dengan botol bekas, seperti yang telah dibikin oleh sebuah studio deseain Rosenbaum di Sao Paulo, Brazil ini.


Kita perlu:

-          Botol bekas

-          Cutter

-          Tali/kawat

 

Cara membuat:

1.  Lubangi botol dengan cutter. Buat lubang besar di tengah-tengah botol. Ukuran lubang bisa disesuaikan dengan ukuran botol (bisa setengah dari badan botol).

2. Buat dua lubang kecil pada sisi kiri dan kanan dari lubang besar.  Dan dua lubang kecil di bagian bawah botol, sejajar dengan dua lubang kecil pada sisi kiri dan kanan dari lubang besar.

3. Masukkan tali atau kawat melewati empat lubang kecil tersebut. Buat simpul tali pada bagian bawah botol.

4. Isi botol dengan media tanam. Paling baik menggunakan media tanam selain tanah, seperti coco peat,gambut (peat moss), sekam, rumput laut dan sebagainya. Pokoknya cari media yang enggak membebani botol dan dindingnya.

5. Tanaman yang dipakai bisa berupa suplir, phytonia, bromeliad, kadaka, sirih gading, dan sebagainya. Pilih yang menjuntai ke bawah agar terlihat cantik.

6. Gantung dan tempatkan di tempat yang terkena sinar matahari.

 

Perawatan:

- Perawatannya pun enggak susah, cukup sebulan sekali melakukan pengecekan, dengan cara: bersihkan atau cabut daun kering atau daun yang menjuntai tak beraturan.

- Semprot dengan spray penyempot berisi air dan pupuk semprot tiap kali media tanam kering  (biasanya setiap tiga sampai empat hari sekali disemprot dengan air dan pupuk semprot, atau bisa setiap hari saat musim kemarau tiba). Tapi kalau musim hujan, hanya siram (semprot) pada saat media tanam kering.

 

 (dea, foto. treehugger.com)

 

 

Tags : go green

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN