Dampak Buruk Minuman Berenergi Bagi Remaja

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 23 Mei 2014

Dampak Buruk Minuman Berenergi Bagi Remaja

Sering tergoda minum minuman berenergi? Ternyata ada dampak buruk minum minuman berenergi bagi remaja, lho!

 

Remaja menjadi kelompok usia terbanyak yang rajin mengonsumsi minuman berenergi setiap harinya, menurut riset yang dilakuakn oleh Universitas Minnesota dan Universitas Duke.

 

Survey pada remaja

Hasil survei yang telah dilakukan secara berulang menemukan data bahwa sebanyak 2,793 remaja mengonsumsi minuman olahraga yang mendekati angka 15 persen untuk minuman berenergi setidaknya sekali dalam seminggu. Konsumsi minuman olahraga dan berenergi meningkat sebanyak tiga kali lipat dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

 

Riset tersebut secara khusus bertanya kepada para remaja mengenai minuman olahraga sejenis Gatorade dan Powearde serta minuman berenergi seperti Red Bull dan Rockstar.

 

Kelelahan nonton televisi

Bagi para remaja yang terdiri dari cowok dan cewek, minuman olahraga dan berenergi adalah salah satu jalan keluar untuk mengatasi kondisi badan yang kurang sehat akibat terlalu lama menonton televisi dan bermain video game.

 

"Diakui beberapa remaja cowok tersebut, mengonsumsi minuman olahraga secara rutin akan meningkatkan daya tahan saat menonton televisi, sehingga waktu untuk menonton televisi bertambah hingga dua sampai dengan tiga jam" ungkap Nicole Larson, pemimpin penulis riset.

 

Jadi lebih aktif

Remaja yang mengonsumsi minuman olahraga secara rutin setiap minggu akan lebih aktif secara fisik dan banyak menghabiskan waktu dengan kegiatan yang menguras keringat. Padahal, minuman olahraga secara efektif enggak memuaskan kehausan mereka atau mengisi cairan.

 

"Ternyata, minuman olahraga hanya dibutuhkan untuk anak-anak atau remaja yang berpartisipasi dalam aktivitas yang kuat di cuaca yang panas, lembab. Sebaliknya, jika mereka mengonsumsi sepanjang waktu dapat berpengaruh terhadap gejala kelebihan berat badan dan kerusakan gigi" ujar Larson.

 

Mendorong untuk bekerja berlebihan

Meskipun, mereka berpikiran minuman tersebut akan memberikan dorongan energi untuk beraktivitas. Tapi, minuman tersebut juga akan merangsang sistem saraf remaja secara berlebihan, karena dosis kafein yang terdapat did alamnya dibuat khusus untuk massa tubuh orang dewasa.

 

Riset meyakinkan, bahwa konsumsi minuman olahraga dan berenergi terbukti enggak menyebabkan perilaku negatif lainnya, tapi tentu saja memicu rangsangan lain yang dikhawatirkan bersifat negatif bagi remaja.

 

"Kafein berdosis tinggi dan zat stimulan lainnya seperti nikotin dari rokok tentu sedikit banyak akan berpengaruh terhadap perilaku sensitif remaja" jelas Cecile Marczinski. asosiasi profesor ilmu psikologi di Universitas Northern Kentucky. Nah, itu tadi dampak buruk minum minuman berenergi bagi remaja.

 

(ridho/tabloidnova.com, foto: alternet.org)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN