Damai Sama Orangtua

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 20 November 2012

Damai Sama Orangtua

Kesal dan sering bertengkar sama orang tua? Bukan hanya kita yang merasakannya. Jutaan remaja lainnya ternyata memiliki masalah yang sama kita dengan kita. Ada banyak alasan mengapa kita kerap merasakan kekesalan pada orang tua. Lalu kita sebagai anak harus bagaimana dong? Supaya bisa selalu damai sama orang tua kita.

 

Berpikir dari sisi orang tua

Mereka melarang ini itu bukan karena benci tapi karena sayang. Mereka tidak mau kita celaka dan terjerumus ke hal-hal yang salah.

 

Cari jalan keluar

Kalau orang tua kita suka melarang kita pulang malam, atau jalan-jalan dengan teman. Bawa teman kita ke rumah dan kenalkan pada orang tua. Dengan begitu mereka tahu kita bergaul dengan orang yang baik. Mereka pun menjadi tenang melepas kita keluar dengan teman.

 

Ajak curhat

Ngobrol sama orang tua apa sih permasalahan yang bikin kita jadi bete. Dengan bercerita, orang tua akan mencoba untuk menjaga perasaan kita dan dengan curhat kepada mereka perasaanpun pasti lebih lega.

 

Beritahu kepada orang tua kalau pendapat kita juga ingin didengarkan. Kita memiliki hak untuk menyuarakan pendapat sebagai anak. Sebaliknya, kita juga bersedia mendengarkan pendapat orang tua.

 

Orang tua juga manusia

Mereka akan membuat kesalahan layaknya orang lain. Bicarakan kepada orang tua apabila kamu merasa sakit hati dengan perilaku mereka. Bicarakan malam saat suasana tenang, jangan di pagi hari yang hectic dan baru bangun tidur karena akan memicu pertengkaran.

 

Quality time

Kalau weekend ajak jalan orang tua. Habiskan waktu bersenang-senang dan mengobrol dengan mereka. Kalau kita semakin dekat dengan mereka maka satu sama lain akan saling mengerti perasaan dan jadi jarang bertengkar deh.

 

Tetap sopan

Tahan emosi apabila sedang berdebat dengan orang tua. Berdebat boleh, asal tidak menuduh, mengatakan sesuatu  menyakitkan hati orang tua. Kalau sudah emosi coba hentikan perdebatan dan komunikasikan lagi apabila sudah tenang.

 

(tisha, foto: guardian.co.uk)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN