Curhat Gawat: Stres Sama Teman Clingy

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Minggu, 3 Juli 2016

Teman kamu clingy?

S (bukan nama sebenarnya) mengirimkan pertanyaan sulit ini via email untuk dibantu jawab oleh psikolog, Mbak Vera. Katanya dia stres sama temannya yang clingy. Buat kamu yang mengalaminya juga, siapa tahu terbantu dengan jawaban Mba Vera, girls.

 

Hai, Mbak Vera. Aku punya temen yang baru dekat sama aku. Awalnya aku enjoy main sama dia tapi lama-lama aku terganggung sama sifat ‘clingy’ alias selalu nempel. Aku bukan tipe orang clingy dan enggak pernah punya teman yang clingy jadi enggak tahu mesti gimana. Dia sensitif kalau chat-nya enggak cepat aku balas. Dia selalu cerita tentang dia dan keluarganya, termasuk pamer tentang kekayaan mereka. Mungkin karena dia anak bungsu jadi agak manja dan harus selalu diikuti maunya. Tipe pergaulan dia juga agak beda dengan aku dan teman-temanku yang lain, dia kadang berlebihan. Awalnya aku dekat dengan dia karena dia kasih tahu aku tentang orang-orang yang enggak suka sama aku di kosan, makanya aku peduli sama dia. Tapi sekarang aku malah kewalahan sama sikap dia. Gimana caranya biar dia menjauh, ya, Mbak?

S/via email

 

Jawab:

Kamu benar dear, tak mudah berurusan dengan orang yang secara emosional enggak matang untuk usianya. Pertemanan akan terasa jadi berat sebelah karena dia menuntut didukung dan diberi perhatian, hanya berpusat pada dirinya, dan sensitif berlebihan. Ketika kamu berusaha mengikutinya, dia justru akan semakin banyak meminta padamu. Egonya akan semakin besar. Sebelum kamu jadi korban dari pertemanan dengannya, segera lindungi dirimu. Menjauh saja darinya sambil membuka peluang dengan pertemanan lain. Berteman memang butuh proses. Ada trial & error-nya. Anggap saja pertemanan saat ini bagian dari yang error tadi. Tak perlu terlalu khawatir akan responnya terhadapmu. Kamu punya hak untuk melindungi diri dan egomu dari orang yang bahkan tak paham artinya kesetaraan dalam pertemanan.

 

Sebelum kamu jadi korban dari pertemanan dengannya, segera lindungi dirimu. Menjauh saja darinya sambil membuka peluang dengan pertemanan lain. 

 

Kalau kamu tertarik buat mendapatkan jawaban dari Mbak Vera atas masalah gawat yang sedang kamu alami, langsung tanya aja. Kirimkan via email ke kawanku-mag@gramedia-majalah.com dengan subject HELP. Atau bisa juga via SMS ke nomor 08121095999. Cara kirim: WHELP (spasi)/ Nama/ Umur/ Jenis Kelamin/ Tempat Tinggal/ Help/ Isi curhat. Kalau punya masalah jangan dipendam, girls!

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN