Curhat Gawat: Kesal Sama Adik Yang Enggak Sopan

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Selasa, 5 Juli 2016

Adik kamu enggak sopan?

Risca mengirimkan pertanyaan sulit ini via email untuk dibantu jawab oleh psikolog, Mbak Vera. Katanya dia suka kesal sama adik yang enggak sopan. Buat kamu yang mengalaminya juga, siapa tahu terbantu dengan jawaban Mba Vera, girls.

 

Mbak Vera, aku punya adik cowok umurnya kira-kira 9 tahun. Entah kenapa, dia anaknya susah banget diatur dan sangat tidak sopan bahkan sering berbohong. Setiap diberi arahan atau nasihat pasti dia bilang,"diem sih lo!" kadang juga mengatakan bahasa kasar. Padahal, keluargaku tidak ada yang seperti itu. Orang tuaku keduanya sangat keras. Jadi gimana, ya, Mbak Vera cara mengatasinya? Terima kasih Mbak Vera :)

 

Jawab:

Hello Risca, memang tak mudah punya saudara dengan watak yang 'sukar'. Meski bisa dipahami, watak yang sukar masih berasal dari watak keras yang diturunkan kedua orang tuamu. Anank dengan watak keras, bila diasuh secara keras bisa menjadi sangat agresif dan 'sukar'. Itu sebab, mendekatinya butuh 'kelembutan', humor, dan logika. Daripada menegur atau memarahinya setiap berkata kasar, mengapa tak mencoba memuji di kala dia lembut dan sopan? Sehingga ia dibandingkan dengan dirinya sendiri. Bila perlu lebih sering melibatkannya bercanda. Semoga masukan-masukan yang lembut dan lucu darimu 'mencerahkan' si adik kecil yang 'sukar' tadi ya dear..

 

Daripada menegur atau memarahinya setiap berkata kasar, mengapa tak mencoba memuji di kala dia lembut dan sopan? Sehingga ia dibandingkan dengan dirinya sendiri. Bila perlu lebih sering melibatkannya bercanda.

 

Kalau kamu tertarik buat mendapatkan jawaban dari Mbak Vera atas masalah gawat yang sedang kamu alami, langsung tanya aja. Kirimkan via email ke kawanku-mag@gramedia-majalah.com dengan subject HELP. Atau bisa juga via SMS ke nomor 08121095999. Cara kirim: WHELP (spasi)/ Nama/ Umur/ Jenis Kelamin/ Tempat Tinggal/ Help/ Isi curhat. Kalau punya masalah jangan dipendam, girls!

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN