Curhat Gawat: Kenapa Ya, Aku Susah Ambil Keputusan?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Sabtu, 9 Juli 2016

Mengalaminya juga?

N (bukan nama sebenarnya) mengirimkan pertanyaan sulit ini via email untuk dibantu jawab oleh psikolog, Mbak Vera. Katanya akhir-akhir ini dia susah banget untuk mengambil keputusan. Duh, harus gimana, yah? Buat kamu yang mengalaminya juga, siapa tahu terbantu dengan jawaban Mba Vera, girls.

 

Halo, Mbak Vera, aku mau tanya. Aku kalau berpikir itu jarang bisa fokus. Pasti nantinya bercabang. Terus kalau ambil keputusan sering bingung. Misalnya persoalan mau beli atau enggak atau saat nentuin sikap. Aku terlalu mentingin keinginan dan pendapat orang lain. Gimana caranya agar aku punya pendirian atau bersikap? Aku bingung, tolong ya, Mbak Vera. Makasih.

N/18/Jakarta

 

Jawab:

Bila mempelajari keluhanmu, tampaknya kamu punya kecemasan yang cukup tinggi, dear. Kecemasan berakar dari penghayatan diri yang tak tepat. Ketika pengalamanmu sehari-hari di lingkungan menghadapkanmu pada kenyataan bahwa kamu tak sebaik yang kamu pikir, maka penghayatanmu tentang konsep diri menjadi tak tepat. Sehingga berkembanglah kecemasan pada dirimu yang kadangkala cara mengatasinya terlalu berlebihan, misalnya terlalu baik pada orang lain hingga mengorbankan dirimu sendiri semata agar kamu merasa nyaman tentang dirimu atau semata hanya karena ingin dinilai baik oleh orang lain. Dalam bentuk ekstrim, kamu bisa membiarkan dirimu didominasi oleh orang lain dan diperlakukan secara tak pantas. Dalam area berikir, kecemasan juga memengaruhi kemampuan seseorang berkonsentrasi atau fokus. Saran Mbak Vera, yuk benahi kecemasanmu. Kunjungi psikolog terdekat agar kamu bisa merasa lebih baik dan adil dalam menghayati dirimu sendiri.

 

Tampaknya kamu punya kecemasan yang cukup tinggi, dear. Kecemasan berakar dari penghayatan diri yang tak tepat. Kunjungi psikolog terdekat agar kamu bisa merasa lebih baik dan adil dalam menghayati dirimu sendiri.

 

Kalau kamu tertarik buat mendapatkan jawaban dari Mbak Vera atas masalah gawat yang sedang kamu alami, langsung tanya aja. Kirimkan via email ke kawanku-mag@gramedia-majalah.com dengan subject HELP. Atau bisa juga via SMS ke nomor 08121095999. Cara kirim: WHELP (spasi)/ Nama/ Umur/ Jenis Kelamin/ Tempat Tinggal/ Help/ Isi curhat. Kalau punya masalah jangan dipendam, girls!

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN