Curhat Gawat: Kenapa Aku Jadi Mudah Depresi?

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Senin, 4 Juli 2016

Merasa mudah depresi?

B (bukan nama sebenarnya) mengirimkan pertanyaan sulit ini via email untuk dibantu jawab oleh psikolog, Mbak Vera. Katanya akhir-akhir ini dia jadi mudah depresi. Buat kamu yang mengalaminya juga, siapa tahu terbantu dengan jawaban Mba Vera, girls.

 

Hai Mbak Vera, dulu aku terkenal anak yang ceria juga nggak gampang nyerah. Tapi aku ngerasa ada yang berubah dalam diri aku sendiri. Aku jadi gampang takut, gampang nangis bahkan depresi pas SMA ini. Mama aku memang enggak pernah menargetkan aku buat masuk urutan ranking karena beliau yakin aku mampu. aku takut kalah saing aku sering ikut remed padahal dulu aku gapernah remed khususnya di matematika. Aku ngerasa aku udah berusaha maksimal sampai ikut bimbel dimanapun tapi kok tetep aja ya kak hasilnya? Aku enggak mau bikin mama kecewa. Jadi aku harus gimana Mbak? Mohon bantuannya ya.

 

Jawab: 

Tampaknya memang ada yang berubah darimu dear sehinga memengaruhi status emosi menjadi lebih mudah cemas dan depresi. Pahami apa yang berubah dari hidupmu sejak SMA? Apakah lingkungan pertemanan, rumah, atau ada yang terjadi padamu dan keluarga? Mekanisme emosi manusia sangat kompleks. Bila sebuah kejadian memicu emosi tertentu dan gagal dibenahi, secara tak sadar akan memengaruhi aksi-aksimu berikutnya termasuk dalam belajar. Bagaimana bisa belajar bila dilanda kecemasan dan me‎rasa dalam tekanan. Dipastikan seberapa giatnya kamu belajar hasilnya tak akan optimal. Saran Mbak Vera segera pahami masalahmu yang sesungguhnya dengan menemui Psikolog Klinis terdekat gar menemukan solusi segera. 

 

Bila sebuah kejadian memicu emosi tertentu dan gagal dibenahi, secara tak sadar akan memengaruhi aksi-aksimu berikutnya termasuk dalam belajar. Segera pahami masalahmu yang sesungguhnya dengan menemui Psikolog Klinis terdekat gar menemukan solusi segera. 

 

Kalau kamu tertarik buat mendapatkan jawaban dari Mbak Vera atas masalah gawat yang sedang kamu alami, langsung tanya aja. Kirimkan via email ke kawanku-mag@gramedia-majalah.com dengan subject HELP. Atau bisa juga via SMS ke nomor 08121095999. Cara kirim: WHELP (spasi)/ Nama/ Umur/ Jenis Kelamin/ Tempat Tinggal/ Help/ Isi curhat. Kalau punya masalah jangan dipendam, girls!

Tags : curhat gawat

author :

Astri Soeparyono

Digital Content Producer untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN