Contek Kepribadian Dari Status Socmednya (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 28 Januari 2014

Contek Kepribadian Dari Status Socmednya (Bagian 2)

Girls, status seperti apa, sih, yang sering kita update di media sosial? Kemungkinannya pasti sekitar liburan, pacaran, aktivitas sehari-hari, sampai quotes inspiratif dari seleb terkenal. Nah, kita bisa tahu karakter orang dari jenis status yang dia update, lho!

 

Literally update

Deskripsi: Penulis secara harfiah mengartikan update status sebagai memperbarui status. Status jenis ini mengabarkan setiap aktivitas-aktivitas yang lagi dilalui penulis mulai dari yang penting sampai kurang penting. He-he-he.

 

Alasan: Enggak ada alasan tertentu dalam penulisan status ini. Biasanya penulis memang orang yang senang meng-update kegiatannya sehari-hari. Ia beranggapan bahwa status pribadi itu berisi hal-hal 'update' tentang yang ia kerjakan saat itu.

 

Contoh:

Off to Math class.

Lanjutin besok pagi aja deh belajar Kimia. Sekarang, waktunya tidurrr.

 

Obrolan

Deskripsi: Status tipe ini berisikan obrolan dengan teman-teman kita. Secara enggak langsung, status ini memublikasikan obrolan-obrolan kita sama teman ke orang-orang di sosmed. Biasanya, si penulis me-mention akun teman yang diajak ngobrol. Dan seringkali obrolan pun berlanjut jadi percakapan panjang di sosmed.

 

Alasan: Alasannya beragam. Penulisan status jenis ini bisa dikategorikan sebagai pembentukan citra. Kita ingin menunjukkan diri kepada orang-orang seperti apa kehidupan sosial kita. Atau bisa juga, si penulis memanfaatkan sosmed sebagai media alternatif buat menghubungi teman. Misalnya, ngucapin ulang tahun atau nge-mention teman saat ia sulit dihubungi.

 

Contoh:

Kangen bangeeet sama sahabat kesayanganku. Kapan kita ketemuan? @sabinamartha.

Baru aja ngalamin hal yang menakutkan banget. Enggak lagi, deh, ngelewatin gang rumahnya @agassi.

 

Opini

Deskripsi: Gagasan untuk menulis status ini berawal dari peristiwa yang lagi jadi buah bibir atau berita-berita headline di masyarakat. Penulis menanggapi dan memberikan opini tentang berita atau topik itu melalui status sosmednya.

 

Alasan: Penulis memanfaatkan sosmed sebagai media penyampai opini dan kritik sosial. Di era teknologi dan informasi seperti saat ini, kita bisa menyuarakan pemikiran tentang fenomena sosial yang ada di sekitar kita melalui status di sosmed.

 

Contoh:

Kasus bullying terhadap remaja di Indonesia belum tuntas juga. Sedih banget pas baca kisah-kisah remaja korban bullying. Ternyata, bullying di Indonesia enggak kalah kejam dengan luar negeri.

 

Petuah

Deskripsi: Topik dari status ini adalah petuah atau nasihat tentang kehidupan. Status bisa berupa quotes dari tokoh-tokoh ternama atau seleb-seleb papan atas. Bisa juga berupa pengalaman berharga yang dialami oleh si penulis atau orang-orang terdekatnya.

 

Alasan: Penulis ingin berbagi cerita tentang prinsip hidupnya dan nilai-nilai berharga yang ia dapat dari hidupnya. Selain itu, ia juga ingin berbagi kalimat-kalimat inspiratif yang bisa jadi penyemangat buat pembacanya.

 

Contoh:

Just be yourself, there is no one better - Taylor Swift.

Enggak harus di tahun baru kita menjadi orang yang lebih baik. Setiap hari kita wajib jadi orang yang lebih positif!

 

(nana, foto: pleated-jeans.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN