Cokelat Mengurangi Risiko Diabetes

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 17 April 2014

Cokelat Mengurangi Risiko Diabetes

Medical Daily melaporkan, ngemil makanan yang mengandung cokelat murni dapat membantu mengurangi risiko seseorang terkena obesitas dan diabetes.

 

Dark chocolate atau cokelat murni kaya akan flavanol, yaitu sejenis antioksidan yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.
 

Menjaga berat badan

Untuk menentukan apakah flavanol juga memiliki efek perlindungan pada berat badan, peneliti melakukan penelitian pada seekor tikus yang melakukan diet tinggi lemak kaya flavanol.

 

Hasilnya, seperti yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menunjukkan, flavanol yang dikenal sebagai procyanidins oligomer (PC) memiliki efek perlindungan paling besar pada kesehatan.
 
Si tikus mampu menjaga berat badan dan gula darahnya ketika mengonsumsi makanan diet kaya PC, bahkan ketika seluruh makanan yang mereka konsumsi juga tinggi lemak.


"Oligomer PC memang berperan besar sebagai antiobesitas dan bioaktif antidiabetes dari flavanol dalam kakao, khususnya pada dosis rendah seperti yang digunakan dalam studi ini," kata para peneliti.

 

Namun, flavanol yang identik dengan rasa cokelat yang pahit seringkali diolah dengan menambahkan rasanya (manis). Padahal, itu justru dapat mengurangi manfaat dari flavanol.


Oleh karenanya, para peneliti merekomendasikan agar kita memilih cokelat murni atau olahannya yang tanpa tambahan rasa atau susu agar manfaatnya lebih sempurna. (sumber: Fox News)
 
(ester/tabloidnova.com, foto: lapbandsurgery.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN