Clinomania: Merasa Terobsesi Sama Tempat Tidur

Published by : Astri Soeparyono Posted on : Rabu, 28 Januari 2015

Clinomania: Merasa Terobsesi Sama Tempat Tidur

Sering melakukan kegiatan di tempat tidur? Seperti makan, mengerjakan tugas, bermain game, membaca, menonton televisi, dan lain sebagainya? Sering ngerasa nyaman di tempat tidur sampai enggak pengin pergi ke mana pun? Atau merasa terobsesi sama tempat tidur? Kalau iya, mungkin kita mengalami Clinomania.

 

(Baca juga: 10 Cara Tidur Lebih Teratur)

 

Clinomania terdiri dari dua kata yaitu clin dan mania. Clin sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti "tempat tidur" dan mania berarti "kecanduan" atau "terobsesi". Jadi, clinomania adalah terobsesi pada tempat tidur yaitu ingin selalu berada di atas kasur atau ranjang. Obsesi pada tempat tidur tidak berarti seseorang selalu tidur, tapi ia selalu ingin berada di tempat tidur walaupun sambil melakukan pekerjaan.

 

Masalah psikologis

Orang-orang yang mengalami clinomania ini sebenarnya sedang mengalami masalah psikologis, sehingga dianjurkan untuk segera pergi ke psikolog untuk berkonsultasi. Obsesi pada tempat tidur menimbulkan rasa malas atau perasaan mengantuk terus-menerus yang mengakibatkan seseorang tidak ingin pergi melakukan kegiatan atau bekerja.

 

Kurangnya motivasi untuk melakukan sesuatu karena sedang depresi menjadi faktor terjadinya clinomania. Sebuah penelitian menyatakan seseorang yang mengalami clinomania tidak selalu menjadi depresi, tapi kalau sedang depresi maka seseorang akan cenderung mengalami clinomania. (sumber: techcular.com , learnodo-newtonic.com)

 

(Baca juga: Tetap Cantik Saat Tidur)

 

Ciri-ciri clinomania:

 

Di tempat tidur terus

Hanya ingin menghabiskan waktu di tempat tidur apalagi setelah seharian melakukan kegiatan yang melelahkan.

 

Paling bahagia di tempat tidur

Merasa sangat nyaman dan bahagia ketika berada di tempat tidur.

 

Hobi tidur

Sering mengatakan "tidur" sebagai hobi dan teman-teman Anda tahu serta sering membahas Anda dan tempat tidur Anda.

 

Sulit bangun

Sering sulit meninggalkan tempat tidur bahkan membuat alasan untuk enggak pergi melakukan kegiatan agar tetap bisa berada di tempat tidur.

 

(Baca juga: 5 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur)

 

(monalisa/intisari-online.com, foto: giphy.com, tumblr.com, elitedaily.com)

 

 

author :

Astri Soeparyono

Managing Editor untuk kawankumagz.com. Selama bekerja di kaWanku pernah wawancara langsung sama Justin Bieber, Greyson Chance, David Archuleta, Jessie J, Maroon 5, dan masih banyak lagi. Tapi, belum pernah ketemu langsung 30 Seconds to Mars.

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN