Ciri Dan Tanda Kita Tertekan Atau Stress Saat Punya Masalah Dan Cara Menghadapinya

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Senin, 11 Agustus 2014

Ciri Dan Tanda Kita Tertekan Atau Stress Saat Punya Masalah Dan Cara Menghadapinya

Ini dia ciri dan tanda kita tertekan atau stress saat punya masalah dan cara menghadapinya. Semua remaja normal merasa stress saat tertekan dengan kehidupannya. Seperti sekolah, ujian, tugas menumpuk, pacar, sahabat atau di-bully. Stress sendiri bisa kita cegah kalau kita mengetahuinya sejak awal dengan cara yang lebih baik dan efektif. Lihat yuk ciri dan tanda kita tertekan atau stress saat punya masalah dan cara menghadapinya.

 

Menyendiri

Saat kita merasa stress atau cenderung mengarah depresi, rasanya malas bertemu orang lain walau keluarga kita sendiri. Kita akan lebih suka menghabiskan waktu sendirian daripada menemui orang lain yang mungkin bisa bikin kita semakin stress dengan komentar mereka.

 

Baca juga: Fakta Yang Terjadi Pada Tubuh Kita Karena Stress

 

Tips: Boleh saja kita menyendiri buat menenangkan pikiran kita atau menikmati me time supaya stress berkurang. Tapi, bukan berarti menyendiri harus menarik diri kita dari orang lain. Nikmati diri kita dengan cara lain supaya enggak berlarut dan cepat move on dari stress. Misalnya menikmati outdoor dengan sahabat, hangout ke Mall atau aktif di komunitas yang bisa melepas stress kita.

 

Bingung Harus Belajar Apa Saat Ujian

Saking kita merasa tertekan menjelang ujian atau test pelajaran, kita bisa menjadi malas atau bingung harus belajar dari mana. Makanya, kita merasa tertekan dan malah menjadi malas belajar. Gadget juga bisa mempengaruhi fokus belajar. Apalagi kalau kita enggak bisa jauh dari aktivitas handphone.


Tips: Walau sedang panik, coba tenangkan diri kita sejenak tanpa melakukan apapun selama 15 menit. Atur nafas dalam-dalam dan tenangkan pikiran. Kita bisa melakukan yoga atau meditasi supaya enggak panik. Dan merasa lebih segar atau fokus saat buka buku pelajaran nanti.

 

Sahabat

Drama seputar persahabatan kita enggak ada habisnya. Lingkungan ini enggak hanya bikin kita merasa tertekan, tapi juga bingung menyelesaikannya dengan baik.


Tips: Jangan pernah takut buat meninggalkan sahabat toxic atau frenemies kalau semakin bikin kita enggak nyaman menjalani aktivitas sehari-hari. Cari teman baru yang lebih  nyaman atau luangkan waktu buat aktivitas lain.

 

Baca juga: Tips Anti Malas Saat Tertekan Atau Stress Di Sekolah

 

Capek Dengan Aktivitas

Aktivitas kita sehari-hari enggak ada habisnya. Mulai dari sekolah, les, hangout, chatting, bermain sosial media, browsing internet, menonton drama favorit dan lain-lain.

 

Tips: Jangan pernah memaksakan kapasitas diri kalau kita supaya enggak cepat capek dan mengganggu aktivitas terpenting yaitu sekolah. Boleh saja meluangkan waktu buat bermain atau sekedar chatting sampai malam, tapi kita juga harus ingat dan jangan sampai terlambat atau lupa bikin tugas sekolah.

 

Baca juga: Hal Kecil Yang Bisa Bikin Bahagia Secara Instant Saat Stress

 

 

(stefanie, foto: rebloggy.com)

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN