Cewek Dengan Self Image Negatif Rentan Tidak Menyadari Pelecehan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Sabtu, 15 Maret 2014

Cewek Dengan Self Image Negatif Rentan Tidak Menyadari Pelecehan

Banyak cewek yang bilang, 'Aku enggak apa-apa kok. Kan cuma dipeluk, cuma dipegang." Well, memang  pujian antara pelecehan bisa dilihat dari konteks siapa yang menerimanya. Kalau si cewek merasa enggak apa-apa, maka enggak bisa dibilang pelecehan.  

 

Tergantung self image

Dan bila diteliti lebih jauh lagi, ini juga ada hubungan dengan rasa percaya diri atau self image. Cewek yang punya self image negatif merasa dirinya enggak ada artinya kalau enggak dapat pujian. Dia mau melakukan apa saja, sampai merendahkan diri sendiri demi sebuah pujian.

 

"Penentu batasan pelecehan atau tidak itu dari individu sendiri. Karena itu cewek perlu menilai apakah tindakan yang dilakukan berulang atau tidak? Apakah tindakan itu membuat dia merasa terhina, terancam atau terintimidasi? Karena pada dasarnya sebagian orang akan mengalami perasaan yang sama bila berkaitan dengan terhina atau terancam," ucap Kiki Misero.  

 

Dianggap wajar

Jadi, cewek yang punya self-image negatif di lubuk hatinya, pasti merasakan adanya perasaan terhina atau terancam. Tapi dia lebih mengingkarinya dan menganggap itu sebagai satu hal yang wajar.  Cewek dengan self image negatif menganggap lebih baik mendapatkan perlakuan seperti itu dari pada enggak sama sekali.

 

Sebagai unbeatable fun girl, kita perlu membangun rasa percaya diri dan self image positif.  Kita tidak perlu menunggu pujian dari cowok agar eksistensi kita diakui. Banyak cara, kok. Yang paling utama adalah membekali diri dengan segala macam ketrampilan dan pendidikan yang tinggi.

 

Jadi orang akan mengakui eksistensi kita lewat prestasi yang kita miliki. Bukan berarti harus jadi juara, lho. Tapi kita harus punya sesuatu yang bisa kita banggakan. Bisa berupa kemampuan bahasa, kemampuan bermain musik atau pun kemampuan lainnya. Inilah jadi modal kita untuk eksis.

 

(muti, foto: pickthebrain.com)

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN