Cek 8 Kelengkapan Mobil Agar Terhindar Kecelakaan (Bagian 2)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 13 November 2014

Cek 8 Kelengkapan Mobil Agar Terhindar Kecelakaan (Bagian 2)

Sebelum menyetir sebaiknya kita mengecek dulu kelengkapan kendaraan agar terhindar dari kecelakaan.

 

Sebagai cewek jangan pernah bilang kalau kita cuma tahu cara mengendarai mobil atau motor ya! Kita perlu tahu hal-hal dasar dalam perawatan mobil dan motor. Ini demi keamanan diri sendiri juga. Kalau kita rajin mengecek dan merawat kendaraan sendiri,kemungkinan terjadi kecelakaan pun bisa terhindari. Coba deh lakukan pengecekan secara teratur pada kendaraan sebelum menggunakannya. Enggak susah kok.

 

(Baca juga: Tebak Karakter Cowok dari Cara Menyetirnya)

 

Oli mesin

Cek oli mesin paling enggak semalam sebelumnya atau sebelum kita melakukan perjalanan panjang. Oli mobil umumnya diganti sekitar 5000 sampai 10.000 km sekali. Saat ganti oli di bengkel pasti mereka memberikan catatan kapan terakhir oli diganti.

Walau bukan harus kita yang ke bengkel, enggak ada salahnya kita ikut membantu mengecek dan mengingatkan orang tua kita. Cek juga filter olinya. Paling enggak setelah tiga kali ganti oli, filter oli juga harus diganti.

 

Air

Pernah melihat mobil yang berhenti di tengah jalan dan keluar uap panas dari mesinya? Ini artinya mobilnya kepanasan dan kekurangan air. Penting banget mengecek air mobil agar kadar mesin bisa tetap dingin.

 

(Baca juga: 6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir Bagian 1)

 

Wipers

Penting banget mengecek wipers terutama kalau sedang muim hujan. Cek bagian gagangnya yang kadang sering macet sehingga bisa enggak naik dan turun dengan baik. Bagian gagang karet yang menghapus air juga bisa aus sehingga enggak bisa menghapus air hujan dengan baik. Kalau sudah begini sebaiknya diganti aja ya. Paling enggak setahun sekali deh.

 

Kaca spion


Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat mengendarai mobil.  Bersihkan kaca spion. Dan cek ada enggak  kotoran-kotoran yang menempel atau mungkin retak akibat lemparan batu atau kerikil.

 

(Baca juga: Cek 8 Kelengkapan Mobil Agar Terhindar Kecelakaan Bagian 1)

 

(muti, foto: tumblr.com, theonecar.com, eonline.com, weheartit.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN