Cek 8 Kelengkapan Mobil Agar Terhindar Kecelakaan (Bagian 1)

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 13 November 2014

Cek 8 Kelengkapan Mobil Agar Terhindar Kecelakaan (Bagian 1)

Sebelum menyetir sebaiknya kita mengecek dulu kelengkapan kendaraan agar terhindar dari kecelakaan.

 

Sebagai cewek jangan pernah bilang kalau kita cuma tahu cara mengendarai mobil atau motor ya! Kita perlu tahu hal-hal dasar dalam perawatan mobil dan motor. Ini demi keamanan diri sendiri juga. Kalau kita rajin mengecek dan merawat kendaraan sendiri,kemungkinan terjadi kecelakaan pun bisa terhindari. Coba deh lakukan pengecekan secara teratur pada kendaraan sebelum menggunakannya. Enggak susah kok.

 

(Baca juga: Para Seleb yang Enggak Suka Menyetir)

 

Bensin

Kedengarannya sepele, tapi malu banget kalau tiba-tiba mobil kita mogok di jalan gara-gara kehabisan bensin. Jadi begitu menyalakan mesin mobil lihat tinggal berapa bensinnya. Kalau kita rencana pergi pagi, lebih baik pada malam hari sudah kita cek, ya. Biar enggak panik dan buru-buru saat berangkat.

 

Lampu

Kalau kita suka bepergian hingga malam hari. Penting mengecek lampu. Mulai dari lampu rem, lampu malam hari hingga lampu kabut. Coba lihat apakah berfungsi dengan baik. Cek apa lampunya pecah atau enggak. Terutama lampu belakang.

 

(Baca juga: Tips Lulus Tes Membuat Surat Ijin Mengemudi atau SIM)

 

Ban

Saat mengecek ban yang perlu diperhatikan adalah tekanan angin ban. Kalau kurang angin, segera ke tukang angin untuk ditambah. Jangan lupa juga cek apakah bannya gundul atau enggak. Ban gundul sangat berbahaya di jalan licin dan saat hujan. Saat mengecek ban jangan lupa ban serep ikut dicek ya.

 

Tool kit

Tool kit walau enggak dipakai setiap saat tapi dia tetap penting. Coba cek deh apa dalam kotak itu semuanya lengkap. Mulai dari  batere, 12 volt air kompresor, kabel aki, tali panjang, duct tape, dongkrak mobil hingga segitiga pengaman.Sebaiknya kita juga perlu belajar cara menggunakannya. 

 

(Baca juga: Cek 8 Kelengkapan Mobil Agar Terhindar Kecelakaan Bagian 2)

 

(muti, foto: tumblr.com, theonecar.com, eonline.com, weheartit.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN