Cek 4 Kelengkapan Motor Agar Terhindar Kecelakaan

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Jumat, 14 November 2014

Cek 4 Kelengkapan Motor Agar Terhindar Kecelakaan

Mirip dengan mobil, sebelum mengendarai motor kita perlu mengecek kelengkapannya. Karena motor enggak serumit mobil, maka yang perlu kita cek juga enggak sebanyak mobil. Ini dia 4 kelengkapan motor yang harus kita cek agar terhindar dari kecelakaan.

 

(Baca juga: Para Seleb yang Enggak Suka Menyetir)

 

Ban

Cek dengan teliti ban motor kita.  Apakah kondisi masih bagus dengan enggak gundul. Cek juga ban dalamnnya. Kadang kebocoran sering terjadi disitu. Jangan lupa cek kadar anginnya, ya.

 

Lampu

Pengendara motol enggak hanya harus menyalakan lampu pada malam hari, tapi juga siang hari. Jadi lampu harus dalam kondisi yang baik. Termasuk lampu sinyal, lampu rem dan lampu redupnya.

 

(Baca juga: Tebak Karakter Cowok dari Cara Menyetirnya)

 

Rem

Kecelakaan motor sering terjadi karena kita mengebut dan telat  mengerem. Makanya kita harus mengecek apakah rem motor pakem atau enggak. Cek juga oli rem masih dalam kondisi baik atau harus segera diganti.

 

Batere aki

Cara paling gampang mengecek batere aki, aki yang sudah mulai rusak akan menggembung. Kita bisa merabanya dengan tangan. Permukaan aki akan terasa menonjol. Kita juga bisa menggunakan tester volt meter. Lakukan engecekan setelah aki selesai dicharge,ukur berapa voltnya.

 

Voltase standar aki motor adalah 12,4 volt.Setelah itu, pasangkan aki ke motor. Putar kunci kontak ke posisi ON sekitar detik setelah itu matikan. Cabut aki dan cek dengan volt meter. Bila tegangan kuran gdari 12,4 volt maka aki harus segera diganti.

 

(Baca juga: 6 Kebiasaan Berbahaya Ketika Menyetir Bagian 1)

 

(muti, foto: tumblr.com, reddit.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN