Cara Unik Hilangkan Stress

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Kamis, 20 Februari 2014

Cara Unik Hilangkan Stress

Enggak selalu perlu hal besar untuk menghilangkan stres kita, cara-cara unik, sederhana dan mudah di bawah ini ampuh juga, girls!

 

Blew me a baloon

Ketika kita berada di bawah tekanan, napas kita otomatis menjadi pendek dan jadi sulit untuk bernapas. Kalau keadaannya sudah seperti ini, tubuh kita bisa semakin merasa tertekan karena kekurangan oksigen untuk rileks. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan meniup balon. 

 

Banyak yang belum tahu kalau ternyata meniup balon merupakan cara untuk mengurangi stres. Karena dengan meniup balon napas kita bisa jadi lebih teratur. Meniup balon memaksa kita untuk menggunakan diafragma supaya bisa memompa udara masuk dan keluar dengan jumlah yang besar. Dengan cara ini, tubuh kita bisa kembali rileks, deh!

 

Hug your teddy bear

Rata-rata anak cewek punya satu boneka kesayangan yang enak banget buat dipeluk. Menurut sebuah penelitian terbaru dari UV University Amsterdam, ternyata memeluk boneka yang fluffy dan berbulu lembut itu bisa mengurangi stres, lho, girls! Kok bisa, ya?

 

Nyatanya, memeluk boneka itu bisa menimbulkan rasa nyaman dan menghasilkan hormon endorphin di tubuh. Endorphin inilah yang bisa membuat tubuh kita rileks, percaya diri, dan lebih bahagia. Jadi jangan remehkan kekuatan dari boneka Teddy Bear yang selalu menemani kita tidur, ya. He-he-he. Kalau kita memang enggak punya boneka yang cukup besar untuk dipeluk, kita bisa akali dengan memeluk bantal yang besar, kok.

 

Cleaning time!

Bersih-bersih rumah juga bisa jadi cara seru buat menghilangkan stres kita. Masak sih? Sebuah penelitian di Inggris, yaitu dari British Journal of Sport Medicine, menyatakan kalau ternyata dengan melakukan kegiatan bersih-bersih rumah selama 20 menit sehari aja bisa mengurangi tingkat stres kita, girls. 

 

Yang lebih unik lagi, efek dari lingkungan yang bersih juga bikin mood kita semakin baik. Karena ternyata rumah yang kotor dan berantakan bisa bikin kita merasa tertekan dan moody. Makanya kalau kapan-kapan kita dimintai tolong buat bersih-bersih rumah, jangan menolak, ya. Hi-hi-hi!

 

Play theraphy

Banyak orang yang menganggap remeh kekuatan tersembunyi dari mainan-mainan waktu kita masih kecil. Salah satu contoh mainan yang bisa kita gunakan untuk mengurangi stres adalah lilin mainan. Pasti dulu kita suka banget kan bikin sesuatu yang kreatif dari mainan ini?

 

Seorang psikolog anak di Amerika, Nancy Schultz, menulis dalam bukunya 101 More Favorite Play Theraphy Techniques, bahwa bermain lilin mainan ini bisa membuat kita lebih rileks karena secara tidak sadar pikiran kita jadi teralihkan dan lebih berpikir untuk berkreasi sesuatu yang unik. Efek yang ditimbulkan sama seperti kalau kita memakai stres ball, dengan meremas-remas lilin mainan ini kita bisa jadi lebih tenang. Apalagi lilin mainan ini kan warna-warni, jadi bikin mood kita semakin ceria juga.


Dancing around

Mendengarkan musik memang terkadang jadi cara paling ampuh buat mengurangi stres. Kita tinggal pasang earphone dan lagu kesukaan kita, kita bisa langsung tenang. Tapi coba deh kali ini kita tambah satu kegiatan lagi yang bisa bikin kita semakin jauh dari stres. Sambil mendengarkan lagu, kita bisa juga menari. Enggak perlu gerakan yang rumit-rumit, tapi gerakan yang asal-asalan sesuai dengan kemampuan kita juga enggak masalah. 

 

Karena yang penting di sini adalah mengekpresikan diri kita dengan maksimal. Kita bisa adakan 'dancing party' ini sendirian di kamar paling enggak dua hari sekali. Dengan menari, kita juga sama saja dengan berolahraga yang nantinya akan menghasilkan hormon endorphine. Cool, kan?

 

(audrey, foto: autostraddle.com)

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN