Cara Pintar Mencari dan Membagi Informasi di Situasi Serangan Teror

Published by : Natasha Erika Posted on : Kamis, 14 Januari 2016

Cara Pintar Mencari dan Membagi Informasi di Situasi Serangan Teror

Di jaman sekarang, internet merupakan sumber informasi. Terutama di saat bencana atau serangan teror terjadi. Kita dibanjiri dengan berbagai informasi yang belum tentu benar adanya. Inco Harper, Pengajar Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara, menyampaikan cara-cara yang dapat kita lakukan sebagai bentuk komunikasi bencana di akun Facebook-nya. Ketika kebanjiran informasi, kita bisa menggunakan komunikasi bencana dengan bersikap tenang dan berpikir pintar agar kita enggak ikut menjadi bagian dari kekacauan informasi. Berikut cara pintar mencari dan membagi informasi di situasi bencana dan serangan teror, seperti diungkap Inco Harper.


Baca juga: 6 Berita Hoax Tentang Tragedi Penyerangan di Paris

 

1. Mencari informasi di sumber utama

Dapatkan informasi utama dari sumber-sumber yang utama juga. Contohnya, portal berita dan media massa yang dapat dipercaya, pusat informasi bencana atau krisis dan juga social media resmi kepolisian dan pemerintah.

 

2. Tidak membagi informasi tidak jelas di chat messaging

Kita juga enggak perlu ikut membagi informasi yang enggak jelas sumbernya ke grup chat messaging atau social media yang umumnya dilakukan banyak orang. Pastikan, informasi yang kita dapat menyertakan link atau tautan sumber berita. Jika hanya disebutkan informasi berasal dari polisi tapi tidak ada link terkait, mungkin kita bisa melakukan langkah pertama terlebih dulu yaitu mencari informasi di sumber utama.

 

3. Tidak membagi foto korban atau jenazah

Jangan menyebarkan foto korban atau jenazah dari kejadian tersebut. Selain membuat orang lain panik, hal tersebut juga enggak sesuai etika. Di media massa, foto korban atau jenazah akan di-blur atau di-pixelate. Intinya, jangan didramatisasi.

 

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Orang Mudah Percaya Berita Hoax

 

4. Membagi informasi posisi kita saat ini

Sebutkan posisi kita saat ini di social media. Beritahu juga jika perlu kondisi kita dan sekitar kita. Hal ini berguna melawan hoax atau berita palsu yang menyatakan tempat-tempat tertentu terjadi bencana susulan.

 

5. Tetap tenang

Dan, tetap tenang. Pantau informasi dari berbagai media sebagai bahan informasi. Kita juga juga bisa melihat 5 cara tidak panik ketika terjadi serangan teror di sini.

 

Baca juga: Kronologi Ledakan Bom dan Penembakan di Sarinah Jakarta

 

(foto: hercampus.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN