Cara Mewaspadai Kamera Tersembunyi di Toilet atau Ruang Ganti Baju

Published by : Natasha Erika Posted on : Jumat, 27 Februari 2015

Cara Mewaspadai Kamera Tersembunyi di Toilet atau Ruang Ganti Baju

Belum lama ini beredar video perempuan mirip aktris cantik Chelsea Islan yang sedang melepas baju di kamar mandi. Video berdurasi 13 detik itu menampilkan perempuan yang mirip Chelsea tengah duduk di kloset sambil melepas seluruh pakaiannya. Kabarnya, video tersebut diambil secara sembunyi-sembunyi atau dengan kamera tersembunyi.

 

Sebetulnya, modus kejahatan menyembunyikan kamera di toilet atau ruang ganti baju memang sudah lama ada. Biasanya, pelaku mengincar perempuan yang berganti baju di toilet atau ruang ganti. Kita sebagai cewek harus waspada sama modus kejahatan ini. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar terhindar dari modus ini. Berikut beberapa cara mewaspadai kamera tersembunyi di toilet atau ruang ganti baju.

 

Baca juga: Cara Delevingne: Foto Telanjangnya Beredar di Internet

 

Lakukan panggilan telepon

Kepada Kompas.com, Kepala Sub-Seksi Layanan Informasi Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Fauzi Ahmad, memberi tips tentang gimana cara menemukan kamera tersembunyi di toilet atau ruang ganti baju. Kita bisa coba melakukan panggilan telepon saat berada di dalam toilet atau ruang ganti baju. Kalau enggak bisa melakukan panggilan, kemungkinan ada kamera tersembunyi di situ.

 

Fauzi melanjutkan, bahkan kamera tersembunyi yang didesain sangat kecil sekali pun menggunakan perangkat tertentu yang bisa mengganggu sinyal handphone. Nah, ketika kita enggak bisa melakukan panggilan di toilet atau ruang ganti tertentu, ada baiknya pindah ke toilet atau ruangan lain, girls.

 

Baca juga: 7 Tips Aman Memakai Free Wi-Fi

 

Waspada di tempat umum

Kamera tersembunyi itu bisa ada di mana saja. Enggak hanya di toilet atau ruang ganti baju, tapi bisa di mana saja. Apalagi buat cewek, kita harus lebih berhati-hati kalau menggunakan tempat umum untuk mengganti baju atau melepaskan baju kita. Nah, kita bisa mencoba melakukan tes panggilan telepon tadi ketika ingin mengganti pakaian atau melepas pakaian di tempat umum.

 

Baca juga: Waspada Perilaku Pelecehan Seksual Saat Berada Di Jalan!

 

Memeriksa sekitar ruangan

Enggak ada salahnya juga buat kita memeriksa kondisi ruangan sekitar. Ketika masuk toilet atau ruang ganti, kita wajib memeriksa apakah ada celah untuk menyembunyikan kamera. Bentuk kamera tersembunyi pun beragam ada yang terlihat mata karena ukurannya agak besar, ada juga yang berukuran sangat kecil.

 

Lebih baik kita selalu memperhatikan sekitar dulu sebelum menggunakan toilet atau melepas baju di ruang ganti, siapa tahu tanpa kita sadari ada kamera tersembunyi di sana. Ketika merasa ada benda yang menyerupai kamera atau ada celah/lubang cukup besar yang mencurigakan, kita bisa berpindah ke ruangan lain atau menutupi benda, lubang atau celah tersebut dengan tisu dan sejenisnya.

 

 

Baca juga: Jangan Bugil di Depan Kamera!

 

(foto: tumblr.com, thestir.cafemom.com)

 

author :

Natasha Erika

Cewek penggemar yoga ini, walau suka banget dengerin lagu-lagu The Beatles, sebenarnya juga seorang Swifty dan Directioner, lho. Hidup Tay-Tay Niall Liam Harry dan Louis! Oh iya, waktu SMA suka banget sama pelajaran sejarah! Ada yang suka juga?

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN