Cara Mengurangi Perut Kembung

Published by : Redaksi Kawanku Posted on : Selasa, 22 Juli 2014

Cara Mengurangi Perut Kembung

Setelah berbuka  kita sering merasakan perut kembung dan panas.  Pasti rasanya enggak enak banget.  Nah biar perut enggak kembung dan tetap bisa makan enak, ada beberapa makanan yang bisa kita pilih untuk mengurangi rasa kembung ini.

Kenapa bisa kembung?

Perut kembung terjadi karena banyaknya gas dalam usus kita. Ini merupakan reaksi yang wajar kalau kita mengalami alergi makanan, irritable bowel syndrome (gejala buang air yang enggak benar) dan PMS.

Kalau kita sering mengalami perut kembung perlu diwaspadai juga, lho. Karena ini bisa mengarah pada gejala penyakti yang lain sepertio lactose intolerance (enggak tahan pada lactosa yang ada pada dairy product), gluten intolerance, diare atau penyakit perut lainnya. Kalau sudah seperti ini, sebaiknya kita konsultasi ke dokter.

 

Hati-hati saat makan

Jenis makanan memang berpengaruh pada kembung enggaknya perut kita. Tapi dalam banyak kasus perut kembung terjadi karena  cara makan yang salah. Udara bisa masuk melalui sistem pencernaan ketika kita makan atau minum terlalu terburu-buru. Apalagi ketika buka puasa, karena saking lapar dan hausnya kita minum dan makan cepat dan dalam jumlah banyak. Perut yang sepanjang hari kosong pun kaget dan langsung diisi oleh udara dari luar. Jadi deh kembung.

Untuk menghindari ini, begitu puasa makan dan minum dengan porsi kecil dulu. Tunggu beberapa menit, baru mulai makan dengan yang lain. Setelah satu atau dua jam baru, dimana perut sudah cukup terisi dan bekerja seperti biasa, baru deh kita makan berat.

 

Makanan mengandung garam

Makanan-makanan asin bisa menyebabkan perut kembung. Makanan- makanan kaleng yang biasanya mengandung garam yang banyak juga bisa menyebabkan perut kembung. Hindari juga begitu buka puasa makan dengan hot dogs, keju, piza dan makanan yang mengandung daging lainnya karena kandungan garamnya cukup tinggi.

 

Sayuran serba kol

Walau brocoli baik untuk kesehatan tapi dia termasuk yang bisa membuat perut kembung.  Sayuran yang berasal dari keluarga kol seperti brocoli, kol, kembang kol, brussels sprouts) mengandung kadar gas yang tinggi hingga bisa membuat perut kembung. Untuk mengimbanginya kombinasikan dengan sayuran hijau lainnya.

 

Minuman bersoda

Minuman bersoda atau yang mengandung carbonated mengandung banyak gas. Minuman seperti ini memompa isi perut kita sehingga terasa jadi kembung. Bukannya enggak boleh minuman bersoda  tapi batasi saja jumlahnya. Enggak perlu setiap buka minum minuman bersoda kan?

(muti, foto: nymag.com)

 

 

 

author :

Redaksi Kawanku

Kawanku - Majalah Remaja Cewek

Komentar Kamu

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×
Up

SIGN IN